Nurjannah, Nurjannah (2015) HUBUNGAN KETERAMPILAN GURU MENGAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PERALATAN KANTOR KELAS X AP DI SMK NEGERI 1 KOTA NOPAN T.A. 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
7102141050 COVER.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
7102141050 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
7102141050 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
7102141050 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
7102141050 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
7102141050 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
7102141050 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7102141050 BAB I.pdf - Published Version
Download (395kB) | Preview
7102141050 BAB V.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
7102141050 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan keterampilan guru mengajar dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran peralatan kantor kelas X AP di SMK Negeri 1 Kotanopan T.A. 2014/2015. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif, dengan kuesioner (angket) dan dokumentasi nilai prestasi belajar siswa sebagai alat pengumpul data penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Kotanopan yang terbagi atas 2 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 61 orang. Sedangkan sampel penelitian diambil secara total sampling yang berjumlah 61 orang. Dari hasil pengolahan data diketahui bahwa keterampilan guru mengajar tergolong baik dengan nilai rata-rata sebesar 2,93 serta tingkat prestasi belajar siswa tergolong cukup dengan nilai rata-rata sebesar 71,07. Dari hasil perhitungan koefisien korelasi diketahui rhitung > rtabel (0,668 > 0,254) yang berarti ada korelasi antara keterampilan guru mengajar terhadap prestasi belajar siswa. Untuk persamaan regresi Ŷ = 25,453 + 0,520 X berarti bahwa setiap peningkatan keterampilan guru mengajar sebesar 1 satuan akan meningkatkan prestasi belajar siswa sebesar 0,520 satuan. Dari perhitungan koefesien determinasi diketahui bahwa I = 44,6% yang berarti bahwa keterampilan guru mengajar memberikan kontribusi sebesar 44,6% terhadap pencapaian prestasi belajar siswa. Hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung (6,895) > ttabel (1,671) sehingga dalam penelitian ini Ha diterima sekaligus menolak H0. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan keterampilan guru mengajar dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran peralatan Kantor kelas X AP di SMK Negeri 1 Kotanopan T.A. 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 651.207 19 Nur h |
Keywords: | Keterampilan Mengajar; Prestasi Belajar;Guru |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5546 Office management L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 31 Aug 2016 03:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14462 |