Franciscus, Finder (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS EKONOMI SISWA KELAS VIII SMP KARYA SERDANG LUBUK PAKAM TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
7103141048 COVER.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
7103141048 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (554kB) | Preview
7103141048 PREFACE.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
7103141048 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
7103141048 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
7103141048 TABLES.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
7103141048 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
7103141048 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
7103141048 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (523kB) | Preview
7103141048 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
7103141048 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar IPS Ekonomi siswa. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS Ekonomi kelas VIII SMP Karya Serdang Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Karya Serdang Lubuk Pakam yang beralamat di Jalan Galang Lubuk Pakam. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII.A dengan jumlah 40 siswa. Adapun Objek penelitian ini adalah Penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament. Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas belajar. Teknik analisis data terdiri dari data kuantitatif dan data kualitatif. Dari analisis diperoleh nilai rata- rata pre test sebelum dilakukan tindakan adalah 67,75 dimana 18 siswa (45%) memenuhi KKM. Pada post test siklus I nilai rata- rata 75,75 dimana 29 siswa (72,50%) siswa dinyatakan tuntas dan hasil dari hasil observasi aktivitas belajar siswa siklus I diketahui bahwa 6 orang tergolong sangat aktif, 19 orang tergolong aktif, 10 orang tergolong cukup aktif, dan 5 orang tergolong kurang aktif. Pada post test siklus II nilai rata- rata 85,5 dimana 37 siswa (92,50%) memenuhi KKM. Hasil observasi aktivitas siswa menunjukkan 21 orang tergolong sangat aktif, 15 orang tergolong aktif, dan 4 orang tergolong cukup aktif. Ini berarti pada siklus II telah memenuhi indikator keberhasilan sehingga penelitian dihentikan pada siklus ini. Berdasarkan analisis data diatas dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament Dapat Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPS Ekonomi Siswa Kelas VIII SMP Karya Serdang Tahun Pembelajaran 2014/2015
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 330.071 2 Fra p |
Keywords: | Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament; Aktivitas Belajar; Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 07:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14385 |