Siregar, Donny F (2015) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION DENGAN QUIZ TEAM UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS SMA NEGERI 11 MEDAN T.P. 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
709341031 COVER.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
709341031 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
709341031 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
709341031 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
709341031 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
709341031 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
709341031 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
709341031 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
709341031 BAB I.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
709341031 BAB V.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
709341031 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 11 Medan pada semester ganjil tahun pembelajaran 2014/2015 dengan subjek siswa kelas XII IPS yang berjumlah 44 orang dan objek dalam penelitian ini adalah penerapan kolaborasi model pembelajaran Explicit Instruction Dengan Quiz Team untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Dalam pengumpulan data, teknik yang digunakan adalah observasi aktivitas siswa dan test hasil belajar akuntansi. Teknik analisis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Dari hasil observasi yang dilakukan diperoleh aktivitas belajar siswa pada siklus I yaitu 27.26% siswa tergolong dalam kriteria aktif dan sangat aktif. Sedangkan pada siklus II terdapat 79.54% siswa tergolong dalam kriteria aktif dan sangat aktif, telah sesuai dengan kriteria penilaian 71,88%. Sedangkan tes hasil belajar siswa yang dilakasanakan terdapat peningkatan hasil belajar siswa yaitu pada siklus I terdapat 24 siswa (54,55%) yang tuntas menjadi 39 siswa (88.63%) pada siklus II. Sebagai indikator ketuntasan klasikal di tetapkan 85% siswa yang memperoleh nilai ≥73. Untuk menguji signifikan hasil belajar siswa dilakukan dengan menggunakan uji t. Dari daftar distribusi t untuk α=0,05 dan dk = 44-1 = 43. Dari hasil perhitungan diperoleh ttabel= 2,0167 dan thitung = 8.52. Sehingga thitung>ttabel (8.52>2,0167). Dengan kata lain peningkatan hasil belajar siswa signifikan dan positif. Dapat disimpulkan bahwa penerapan kolaborasi model pembelajaran Explicit Instruction Dengan Quiz Team pada pokok bahasan memahami penyusunan buku besar di kelas XII IPS SMA Negeri 11 Medan semester ganjil tahun pembelajaran 2014/2015 dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 2 Sir p |
Keywords: | Model Pembelajaran; Explicit Instruction; Quiz Team; Aktivitas Belajar; Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 06:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14360 |