Harianja, Sehat S. (2014) PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR, FASILITAS BELAJAR DAN INTERAKSI EDUKATIF TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMK YAPIM 2 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
7103141134 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
7103141134 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
7103141134 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
7103141134 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
7103141134 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
7103141134 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
7103141134 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
7103141134 BAB I.pdf - Published Version
Download (391kB) | Preview
7103141134 BAB V.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
7103141134 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar, fasilitas belajar dan interaksi edukatif secara parsial dan simultan terhadap prestasi belajar siswa di SMK Yapim 2 Medan Tahun Pelajaran 2014/2015. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Jurusan Administrasi Perkantoran SMK Yapim 2 Medan yang berjumlah 71 orang. Sampel penelitian ini adalah sejumlah 71 orang yang diambil dengan teknik pengambilan sampel total sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi dan angket. Uji validitas angket menggunakan rumus product moment pearson, dan realibilitasnya dihitung dengan rumus cronbach alpha. Desain penelitian adalah korelasi dan regresi berganda untuk menguji penelitian yaitu dengan uji hipotesisnya uji-t dan uji-F.Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel kemandirian belajar (X1) berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa (Y) dengan nilai thitung > ttabel (5,037>1,995). Sama halnya dengan variabel fasilitas belajar (X2) berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa (Y) dengan nilai thitung > ttabel (4,021>1,995). Begitu pula dengan variabel interaksi edukatif (X3) juga berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa (Y) dengan nilai thitung > ttabel (4,805>1,995). Secara simultan (X1), (X2), dan (X3) berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa pada taraf alpha 5%. Hal ini terlihat dari hasil perhitungan Fhitung sebesar 16,325 lebih besar dari Ftabel sebesar 2,74. Dengan demikian Ha yang berbunyi “Ada pengaruh yang signifikan antara kemandirian belajar, fasilitas belajar dan interaksi edukatif terhadap prestasi belajar siswa di SMK YAPIM 2 Medan Tahun Pelajaran 2014/2015” diterima. Dari hasil perhitungan menggunakan regresi liniear berganda didapat koefisien regresi Y = 40,127 + 0,253 X1 + 0,126 X2 + 0,369 X3. Kemandirian belajar, fasilitas belajar dan interaksi edukatif memberikan sumbangsih sebesar 42,20% terhadap prestasi belajar siswa yang ditunjukkan pada koefisien determinasi 0,422 dan 57,80% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain di luar analisa penelitian ini
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 651.207 19 Har p |
Keywords: | Kemandirian Belajar; Fasilitas Belajar; Interaksi Edukatif; Prestasi Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5546 Office management L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 06:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14356 |