Nikmah, Khoirun (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN X ADP SMK BM APIPSU MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
709341066 COVER.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
709341066 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (757kB) | Preview
709341066 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
709341066 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
709341066 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
709341066 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
709341066 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
709341066 BAB I.pdf - Published Version
Download (684kB) | Preview
709341066 BAB V.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
709341066 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (419kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SMK BM APIPSU Medan Kelas X ADP T.P 2013/2014. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X ADP SMK BM APIPSU Medan T.P 2013/2014 yang terdiri dari 2 kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas X ADP1 sebagai kelas eksperimen dan X ADP2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling. Instrumen atau teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal yang terlebih dahulu telah diuji validitas dan realibilitasnya dan dari hasil perhitungan tes hasil belajar adalah valid dan reliabel. Teknik analisis data yang dipergunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan menggunakan rumus “t”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar yang diajarkan dengan model pembelajaran Make a Match lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajarkan dengan metode pembelajaran konvensional. Hasil uji statistik menunjukkan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Make a Match adalah pretes sebesar 33,66 dan postes sebesar 72,50 sedangkan hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran konvensional adalah pretes sebesar 36,33 dan postes sebesar 69,67. Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,2423> 1,6768 pada taraf α = 0,05. Hal ini berarti bahwa Ha diterima dan Ho ditolak yang menyatakan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan penggunaan model pembelajaran Make a Match terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran kewirausahaan kelas X ADP SMK BM APIPSU Medan T.P 2013/2014
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 658.421 071 9 Nik p |
Keywords: | Model Pembelajaran; Pembelajaran Kooperatif; Pembelajaran Konvensional; Hasil Belajar; Kewirausahaan |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5546 Office management L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 06:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14352 |