Arista, Yofi (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA NEGERI 8 MEDAN T.P 2013/3014. Undergraduate thesis, UNIMED.
7103341125 COVER.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
7103341125 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
7103341125 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
7103341125 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
7103341125 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
7103341125 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
7103341125 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
7103341125 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
NIM.7103341125 BAB I.pdf - Published Version
Download (331kB) | Preview
7103341125 BAB V.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
7103341125 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar ekonomi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berdasarkan masalah (Problem Based Learning) dan metode pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 8 Medan T.P 2013/2014. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 8 Medan yang beralamat di Jalan Sampali No. 23 Medan. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik porpusive sampling, yaitu kelas X-5 sebanyak 30 orang terpilih sebagai kelas kontrol dan kelas X-7 sebanyak 30 orang terpilih sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar ekonomi dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal yang telah diuji coba dan dianalisis. Teknik analisis data adalah menggunakan analisis statistik yaitu uji-t dengan dk = (n1 + n2) – 2 pada taraf signifikansi (α) = 0,05. Dari hasil analisis data yang diperoleh nilai rata-rata pretest kelas eksperimen 38 dengan SD 9,52 dan nilai rata-rata posttest setelah menggunakan model pembelajaran berdasarkan masalah (Problem Based Learning) 79,66 dengan SD 9,91. Sedangkan nilai rata-rata pretest kelas kontrol 40,16 dengan SD 9,14 dan nilai rata-rata posttest setelah menggunakan metode pembelajaran konvensional 65,67 dengan SD 11,65. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan uji-t pada taraf signifikansi (α) = 0,05, didapatkan thitung > ttabel yaitu 4,98 > 2,002, dengan kata lain hipotesis diterima. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan model pembelajaran berdasarkan masalah (Problem Based Learning) dan metode pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar ekonomi siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 330.071 2 Ari p |
Keywords: | Model Pembelajaran; Problem Based Learning; Metode Penelitian; Rancangan Penelitian; Analisis Data |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 03:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14301 |