Sinaga, Vera Oktavia (2014) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X IPS 1 SMA NEGERI 1 GALANG T.P 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
7103341121 COVER.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7103341121 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (603kB) | Preview
7103341121 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (419kB) | Preview
7103341121 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
7103341121 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (288kB) | Preview
7103341121 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7103341121 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7103341121 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7103341121 BAB I.pdf - Published Version
Download (527kB) | Preview
7103341121 BAB V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
7103341121 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar ekonomi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar ekonomi siswa di kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Galang Tahun Pembelajaran 2013/2014 melalui penerapan kolaborasi model pembelajaran Group Investigation dengan Talking Stick. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Galang yang beralamat di Jl. Mawar, Galinda, Galang. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 1 dengan jumlah siswa 40 orang. Objek penelitiannya adalah penerapan kolaborasi model pembelajaran Group Investigation dengan Talking Stick. Dari hasil lembar observasi belajar siswa menunjukan adanya peningkatan aktivitas belajar dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I diperoleh 5 % atau 2 orang siswa yang termasuk kategori aktif. Sedangkan pada siklus II diperoleh 80 % atau 32 orang siswa dalam kategori aktif. Maka terjadi peningkatan sebesar 75 % . Selanjutnya dari hasil penelitian diperoleh data nilai rata-rata hasil belajar siswa pada pretest dengan nilai rata-rata 53,5. Selanjutnya dari data nilai hasil belajar siswa pada siklus I jumlah siswa yang tuntas belajar adalah 50 % atau 20 orang siswa dengan rata-rata 64,3, sedangkan pada siklus II jumlah siswa yang tuntas belajarnya ialah 82,5 % atau 33 orang dengan nilai rata-rata 80, terjadi peningkatan sebesar 32,5 %. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan Penerapan kolaborasi model pembelajaran Group Investigation dengan Talking Stick dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Galang Tahun Pembelajaran 2013/2014
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 330.071 2 Sin p |
Keywords: | Kolaborasi; Model Pembelajaran; Group Investigation; Talking Stick; Aktivitas Belajar; Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 03:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14298 |