Ramadani, Sri (2014) PENGARUH PENGGUNAAN SUMBER BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA SWASTA NUSANTARA LUBUK PAKAM 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
7103141142 COVER.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
7103141142 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
7103141142 PREFACE.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
7103141142 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
7103141142 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
7103141142 TABEL.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
7103141142 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
7103141142 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
7103141142 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (567kB) | Preview
7103141142 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
7103141142 BIBILIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
Abstract
Masalah penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan sumber belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X di SMA Swasta Nusantara Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Nusantara Lubuk Pakam. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 192 orang dan sampel berjumlah 60 orang. Instrument yang digunakan untuk mengukur penggunaan sumber belajar dan motivasi belajar berupa angket yang berjumlah 25 soal untuk masing-masing variabel dan studi dokumen (DKN) untuk variabel prestasi belajar siswa. Validatas tes diuji dengan menggunakan teknik korelasi product moment. Reliabel tes diuji dengan menggunakan rumus Alpha Cronbarch. Kemudian data dianalisis dengan rumus regresi linear berganda. Selanjutnya untuk menguji hipotesis secara secara parsial uji t dan secara simultan digunakan uji f Setelah uji validatas untuk variabel X1, dan X2 dilakukan dengan masing-masing variabel 25 instrument hasilnya kesulurannya valid. Dan untuk hasil uji reliabilitas angket diperoleh 0,946 > 0,396 (r11 > rtabel) untuk penggunaan sumber belajar dan 0,961 > 0,396 (r11 > rtabel) untuk motivasi belajar. Hasil analisis regresi linear berganda diperoleh persamaan garis linear Y = 59,735 + 0,178 X1 + 0,083 X2 . Secara parsial menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan sumber belajar terhadap prestasi belajar sebesar 4,311 (43,11%) dan ada pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar sebesar 2,106 (21,06%) dan untuk uji f diperoleh Fhitung sebesar 28,759 sedangkan Ftabel pada taraf kesalahan 5 % sebesar 3,15 berarti Fhitung > Ftabel ( 28,759 > 3,15 ) maka hipotesis Ha3 diterima atau ada pengaruh positif antara penggunaan sumber belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X di SMA Swasta Nusantara Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 330.071 2 Ram p |
Keywords: | Sumber Belajar; Motivasi Belajar; Orang Termotivasi; Upaya Meningkatkan Motivasi; Prestasi Belajar; Ekonomi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 03:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14297 |