PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION DENGAN TEKNIK MARRY GO ROUND UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IS DI SMA ST.YOSEPH MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014

Febrina, Sri Elmika (2014) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION DENGAN TEKNIK MARRY GO ROUND UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IS DI SMA ST.YOSEPH MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 7103142072 COVER.pdf]
Preview
Text
7103142072 COVER.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[thumbnail of 7103142072 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
7103142072 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (332kB) | Preview
[thumbnail of 7103142072 PREFACE.pdf]
Preview
Text
7103142072 PREFACE.pdf - Published Version

Download (303kB) | Preview
[thumbnail of 7103142072 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
7103142072 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (279kB) | Preview
[thumbnail of 7103142072 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
7103142072 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (367kB) | Preview
[thumbnail of 7103142072 LIST OF TABLE.pdf]
Preview
Text
7103142072 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[thumbnail of 7103142072 LIST OF FIGURE.pdf]
Preview
Text
7103142072 LIST OF FIGURE.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[thumbnail of 7103142072 LIST OF APPENDIX.pdf]
Preview
Text
7103142072 LIST OF APPENDIX.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[thumbnail of 7103142072 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
7103142072 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (630kB) | Preview
[thumbnail of 7103142072 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
7103142072 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (226kB) | Preview
[thumbnail of 7103142072 REFERENCES.pdf]
Preview
Text
7103142072 REFERENCES.pdf - Published Version

Download (230kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI SMA St.Yoseph Tahun Pembelajaran 2013/2014. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa dengan menerapkan kolaborasi model pembelajaran Explicit Instruction dengan Teknik Marry Go Round di kelas XI IS di SMA St.Yoseph Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014. Penelitian ini dilaksanakan di SMA St.Yoseph yang beralamat di.Jl.Flamboyan Raya No.139 Tanjung Selamat, Medan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI yang berjumlah 32 orang siswa, dan objek dalam penelitian ini adalah penerapan kolaborasi model pembelajaran Explicit Instruction dengan teknikMarry Go Round untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Dalam pengumpulan data, teknik yang digunakan adalah melalui lembar observasi dan tes hasil belajar akuntansi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh rata-rata observasi aktivitas siswa yang dilaksanakan pada siklus I adalah 56,25% (18siswa) yang termasuk dalam criteria Aktif. Pada siklus II rata-rata observasi aktivitas adalah 78,1% (25 siswa) yang termasuk dalam criteria Aktif. Dari hasil analisis data diperoleh data pre test sebelum penerapan siswa yang tuntas sebanyak 4 orang dengan nilai rata-rata 47,96 sedangkan pada siklus I siswa yang tuntas 20 orang dengan nilai rata-rata siswa menjadi 71,06% atau terjadi peningkatan sekitar 23,01%. Pada siklus II siswa yang tuntas sebanyak 29 orang dengan nilai rata-rata siswa menjadi 84,40% atau mengalami peningkatan13,34 poin dari siklus I. Dan telah memenuhi KKM yaitu ≥ 72. Ada peningkatan yang positif dan signifikan hasil belajar akuntansi siswa di kelas XI SMA St.Yoseph antarsiklus. Hal ini terlihat dari hasil perhitungan yang diperoleh yaitu thitung = 6,12 dan ttabel= 2,03. Dengan membandingkan thitung dan ttabel diperoleh thitung>ttabel yaitu 6,12> 2,03 sehingga perbandingan hasil belajar akuntansi siswa pada post test siklus I dan post test siklus II adalah signifikan Dapat disimpulkan bahwa penerapan kolaborasi model pembelajaran Explicit Instruction dengan teknik Marry Go Round pada Standar Kompetensi Memahami Penyusunan Siklus Akuntansi Perusahan Jasa dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa di kelas XI SMA St. Yoseph Tahun Pembelajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 657.071 2 Feb p
Keywords: Model; Pembelajaran; Explicit Instruction; Marry Go Round; Aktivitas Belajar; Hasil Belajar Akuntansi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mrs Intan Nurhidayati
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
Last Modified: 30 Aug 2016 02:04
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14273

Actions (login required)

View Item
View Item