Nasution, Astika Andryani (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP HASIL BELAJAR MENANGANI SURAT MASUK DAN KELUAR SMK SWASTA TELADAN SUMATERA UTARA 1 MEDAN T.P. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
7102141004 COVER.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
7102141004 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (304kB) | Preview
7102141004 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
7102141004 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (412kB) | Preview
7102141004 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
7102141004 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7102141004 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
7102141004 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
7102141004 BAB I.pdf - Published Version
Download (505kB) | Preview
7102141004 BAB V.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
7102141004 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (294kB) | Preview
Abstract
Masalah dari penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar menangani surat masuk dan keluar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Student Facilitator and Explaining terhadap hasil belajar menangani surat masuk dan keluar di SMK Swasta Teladan Sumatera Utara 1 Medan.Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Teladan Sumatera Utara 1 Medan T.P 2013/2014 di jalan Pendidikan No.62 Medan Helvetia. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI AP yang terdiri dari 2 kelas berjumlah 60 siswa, dan yang menjadi sampel juga seluruh kelas XI AP tersebut dengan teknik pengambilan sampel adalah total sampling. Alat yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes berbentuk pilihan ganda untuk soal pre-tes dan pos-tes, dengan jumlah 20 soal terdiri dari 4 pilihan jawaban. Dari hasil analisis data, diperoleh nilai rata-rata dengan metode Student Facilitator and Explaining pre-tes (X ) ̅= 39,83; SD = 10,29, dan pos-tes (X ) ̅= 73,33; SD = 9,76 sedangkan dengan pembelajaran konvensional pre-tes (X ) ̅= 38,16; SD = 8,18, dan pos-tes (X ) ̅= 68,8; SD = 73,59. Untuk menguji hipotesis digunakan uji ‘t’, setelah dilakukan uji persyaratan yaitu uji normalitas dan homogenitas sampel. Dari hasil rata-rata pos-tes kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan taraf signifikan 95% dan α = 0,05 dan dk = 58 diperoleh antara thitung = 3,89 dan ttabel = 2,00 maka thitung > ttabel yang berarti bahwa hipotesis diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining terhadap hasil belajar menangani surat masuk dan keluar di SMK Swasta Teladan Sumatera Utara 1 Medan TP.2013/2014
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 651.750 719 Nas p |
Keywords: | Model Pembelajaran; Pembelajaran Konvensional; Hasil Belajar; Siswa; Guru |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5546 Office management L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 07:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14200 |