Rahayu, Tika (2014) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PRODUKTIF MESIN PENGGANDA KELAS X SMK SWASTA AR-RAHMAN MEDAN T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
7102141044 COVER.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
7102141044 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (453kB) | Preview
7102141044 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (390kB) | Preview
7102141044 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (305kB) | Preview
7102141044 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
7102141044 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
7102141044 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
7102141044 BAB I.pdf - Published Version
Download (484kB) | Preview
7102141044 BAB V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
7102141044 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam skripsi ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran produktif mesin pengganda kelas X SMK Swasta Ar-Rahman Medan T.A 2013/2014 dan media pembelajaran yang membosankan.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran visual terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran produktif mesin pengganda kelas X SMK Swasta Ar-Rahman Medan T.A 2013/2014. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Ar-Rahman Medan kelas X AP Tahun Ajaran 2013/2014. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X AP SMK Swasta Ar-Rahman Medan Tahun Ajaran 2013/2014 yang terdiri dari 2 kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas X AP1 sebagai kelas eksperimen dan X AP2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling. Instrumen atau teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal yang terlebih dahulu telah diuji validitas dan realibilitasnya dan dari hasil perhitungan tes hasil belajar adalah valid dan reliabel. Teknik analisis data yang dipergunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan menggunakan rumus t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar yang diajarkan dengan media pembelajaran visual lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajarkan dengan metode pembelajaran konvensional. Hasil uji statistik menunjukkan hasil belajar siswa dengan media pembelajaran visual adalah pretes sebesar 46,17 dan postes sebesar 74,83 sedangkan hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran konvensional adalah pretes sebesar 45,5 dan postes sebesar 64,83. Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,519 > 1,671 pada taraf signifikan 95% dan α = 0,05. Hal ini berarti bahwa ada pengaruh positif dan signifikan penggunaan media pembelajaran visual terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran produktif mesin pengganda kelas X SMK Swasta Ar-Rahman Medan T.A 2013/2014 diterima dan tidak ada pengaruh positif dan signifikan penggunaan media pembelajaran visual terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran produktif mesin pengganda kelas X SMK Swasta Ar-Rahman Medan T.A 2013/2014 ditolak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 650.071 9 Rah p |
Keywords: | Media Pembelajaran; Visual; Hasil Belajar; Siswa; Model Pembelajaran |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5546 Office management L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 07:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14184 |