Lingga, Silvia Hasiholan (2014) ANALISIS PENGARUH SOSIAL EKONOMI, SOSIAL BUDAYA, DAN LINGKUNGAN GEOGRAFIS TERHADAP TINGKAT ANAK PUTUS SEKOLAH DI KECAMATAN PURBA, KABUPATEN SIMALUNGUN. Undergraduate thesis, UNIMED.
7103141136 COVER.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
7103141136 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (557kB) | Preview
7103141136 PREFACE.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
7103141136 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
7103141136 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
7103141136 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
7103141136 LIST OF FIGURE.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
7103141136 LIST OF APPENDINCES.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
7103141136 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (487kB) | Preview
7103141136 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
7103141136 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
7103141136 BIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah sosial ekonomi, sosial budaya dan lingkungan geografis memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat putus sekolah di Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak putus sekolah di Kecamatan Purba yang berjumlah 210 orang, sedangkan teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode random sampling yang berjumlah 137 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan angket. Uji validitas untuk analisis butir angket menggunakan rumus korelasi product moment, realibilitasnya dihitung dengan menggunakan rumus cronbach alpha. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda, uji t dan uji F. Variabel sosial ekonomi (X1) berpengaruh signifikan secara parsial terhadap putus sekolah dengan nilai sig<α yaitu 0,025<0,05, sama halnya dengan sosial budaya (X2) berpengaruh signifikan secara parsial terhadap putus sekolah dengan nilai sig>α yaitu 0,000<0,05, lingkungan geografis (X3) memiliki pengaruh yang positif dan signifikan secara parsial terhadap putus sekolah dengan nilai sig<α yaitu 0,005<0,05. Secara simultan sosial ekonomi, sosial budaya dan lingkungan geografis berpengaruh secara signifikan terhadap putus sekolah dengan nilai sig<α yaitu 0,000<0,05. Putus sekolah dapat dijelaskan oleh variabel-variabel bebas sebesar 17,3%. Seluruh jajaran pemerintah dan masayraakat di Kecamatan Purba di harapkan agar saling membantu dalam menyelesaikan masalah putus sekolah sehingga dapat menciptakan generasi penerus bangsa yang berpendidikan dan berkulitas
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 658.071 Lin a |
Keywords: | Sosial Budaya; Geografis; Siswa; Sekolah; Ekonomi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HF Commerce L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 06:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14177 |