Hasruddin (2006) STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI. Jurnal Tabularasa, 03 (01). pp. 33-42. ISSN 1693-7732
STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Reviewer.pdf - Published Version
Download (356kB) | Preview
Abstract
Selama ini banyak keluhan tentang siswa yang kurang mandiri, kurangmenghargai pendapat orang lain, siswa kurang mau dan mampu bekerjasama ataumembantu teman. Pembelajaran yang efektif untuk memperoleh keberhasilan semuapihak, baik keberhasilan guru dan terutama keberhasilan siswa secara terus-menerusdiupayakan, dicari, diujicoba, dan diteliti. Selain itu, tuntutan semakin kompleksnyapersoalan di tengah kehidupan masyarakat, tuntutan pasar yang semakin kompetitif,teknologi semakin berkembang, maka tuntutan strategi pembelajaran yang efektif perludilakukan. Melalui pembelajaran kooperatif siswa terlatih bekerja sama dalammenanggapi isu sosial, ekonomi, lingkungan, etika, dan menilai secara kritisperkembangan sains dan teknologi. Selain itu juga siswa dilatih untuk memlikikecakapan berkomunikasi baik secara lisan maupun secara tulisan. Banyak cara yangdapat dilqkukan, salah satu di antaranya adalah srrategi pembelajaran kooperatif.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Pembelajaran Kooperatif; Hasil Belajar Biologi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 09:23 |
Last Modified: | 02 Dec 2016 09:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1417 |