Barus, Maria Natalena (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEARSIPAN KELAS XII AP SMK NEGERI 1 MEDAN T.P 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
7103341058 COVER.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
7103341058 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (805kB) | Preview
7103341058 PREFACE.pdf - Published Version
Download (336kB) | Preview
7103341058 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
7103341058 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
7103341058 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
7103341058 LIST OF GRAPH.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
7103341058 LIST OF APENDICES.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
7103341058 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (687kB) | Preview
7103341058 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
7103341058 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Picture And Picture Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kearsipan Kelas XII AP SMK Negeri 1 Medan T.P 2014/2015. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Picture And Picture Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kearsipan Kelas XII AP SMK Negeri 1 Medan T.P 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII AP SMK Negeri 1 Medan sebanyak 144 orang. Sampel dalam penelitian ini menggunakan 2 kelas dengan total siswa 74 orang. Yang masing-masing kelas berjumlah 37 pada kelas eksperimen (XII AP-3) dan 37 Orang pada kelas kontrol (XII Ap-1). Dimana pengambilan sampel ini menggunakan teknik Purposive Sampling.Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes dalam bentuk multiple choice sebanyak 20 butir soal yang sebelumnya telah diujicobakan di kelas lain diluar sampel penelitian untuk melihat validitas, realibilitas, indeks kesukaran, daya beda soal.Hasil analisis data menunjukkan bahwa hasil belajar yang diajarkan dengan model kooperatif picture and picture lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model konvensional. Hasil uji statistik menunjukkan rata-rata hasil belajar pre test di kelas ekperimen adalah sebesar 67,29 sedangkan hasil belajar di kelas kontrol adalah sebesar 64,45. Dan rata-rata hasil belajar post test kelas eksperimen sebesar 83,64. Sedangkan nilai rata-rata post test kelas kontrol adalah sebesar 75,67. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan statistik uji-t dengan dk= n1+n2-2 pada taraf signifikan 95%. Dari perhitungan hipotesis diperoleh thitung sebesar 4,88 dan ttabel sebesar 1,65. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung> ttabel (4,88> 1,65) dengan kata lain hipotesis diterima.Jadi dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan model pembelajaran Picture And Picture pada pokok bahasan prosedur penyimpanan arsip sistem abjad terhadap hasil siswa pada mata pelajaran kearsipan kelas XII AP SMK Negeri 1 Medan T.P 2014/2015
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 651.307 19 Bar p |
Keywords: | Belajar; Faktor-faktor; Model; Pembelajaran; Kooperatif; Picture; Konvensional; Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5546 Office management L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 05:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14167 |