Hasruddin (2009) PENERAPAN METODE DISCOVERY DALAM MEMBANGUN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SAINS. Jurnal Tematik, 002 (02). pp. 49-63. ISSN 1979-0633
Penerapan Metode Discovery dalam Membangun Kemampuan Berpikir Kritis Sains.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Reviewer.pdf - Published Version
Download (360kB) | Preview
Abstract
Pemahaman komprehensif dan kemampuan memaknai materi pelajaran yang tidak sekedar mampu menghafalkan materi menjadi agenda penting dalam pembelajaran. Peserta didik perlu diasah kemampuan berpikir kritisnya agar mereka mampu dan terampil dalam memecahkan persoalan yang akan dihadapinya di tengah kehidupan. Dalam proses pembelajaran, mereka benar-benar dibelajarkan dan aktif dalam proses berpikir, menemukan, menyimpulkan, dan mengambil keputusan. Dengan menemukan sendiri, menyelidiki sendiri, maka materi pelajaran akan lebih bertahan lama dalam ingatan mereka. Penguasaan metode belajar yang memberikan kesempatan kepada mereka seluas-luasnya bereksplorasi layaknya kerja seorang ilmuwan, akan mendatangkan dampak penguasaan materi yang handal. Metode Discovery memberikan kesempatan kepada peserta didik berpikir analitis dan kritis, selanjutnya akan mencoba untuk memecahkan problema yang mereka hadapi sendiri. Kebiasaan ini akan dapat ditransfer dalam kehidupan bermasyarakat.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Metode Discovery; Berpikir Kritis; Sains |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 06:46 |
Last Modified: | 02 Dec 2016 09:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1412 |