Cholis, Prima Suhana (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN K3LH KELAS X SMK BUDI SATRYA MEDAN T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
7102141034 COVER.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
7102141034 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (622kB) | Preview
7102141034 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
7102141034 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
7102141034 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
7102141034 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
7102141034 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
7102141034 BAB I.pdf - Published Version
Download (368kB) | Preview
7102141034 BAB V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
7102141034 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran K3LH. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran snowball throwing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran K3LH Kelas X SMK Budi Satrya Medan T.A 2013/2014 Penelitian ini dilaksanakan di kelas X SMK Budi Satrya Medan Tahun Ajaran 2012/2013. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMK Budi Satrya Medan Tahun Ajaran 2013/2014 yang terdiri dari 2 kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas X AP sebagai kelas eksperimen dan X AK sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling. Instrumen atau teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk multiple choice sebanyak 20 soal yang terlebih dahulu telah diuji validitas dan realibilitasnya dan dari hasil perhitungan tes hasil belajar adalah valid dan reliabel. Teknik analisis data yang dipergunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan menggunakan rumus “t”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar yang diajarkan dengan model pembelajaran snowball throwing lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajarakan dengan metode pembelajaran konvensional. Hasil uji statistik menunjukkan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran snowball throwing adalah pretes sebesar 45 dan postes sebesar 77,66 sedangkan hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran konvensional adalah pretes sebesar 39,33 dan postes sebesar 63,83. Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh diperoleh thitung > ttabel yaitu 5,948> 1,671 pada taraf signifikansi 95% dan α = 0,05. Hal ini berarti bahwa Ha diterima dan Ho ditolak yang menyatakan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan penggunaan model pembelajaran Snowball Throwing terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran K3LH kelas X SMK Budi Satrya Medan T.A 2013/2014
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 651.071 9 Cho p |
Keywords: | model pembelajaran; snowball throwing; langkah- langkah; kelebihan dan kelemahan; hasil belajar; pembelajaran konvensional |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5546 Office management L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 03:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14108 |