Harahap, Linna (2014) PENGARUH KETERAMPILAN GURU MENGAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 1 BATANG ONANG TAHUN AJARAN 2013 / 2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
7102141023 COVER.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
7102141023 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (487kB) | Preview
7102141023 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
7102141023 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (390kB) | Preview
7102141023 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
7102141023 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
7102141023 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
7102141023 BAB I.pdf - Published Version
Download (489kB) | Preview
7102141023 BAB V.pdf - Published Version
Download (327kB) | Preview
7102141023 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Keterampilan Guru Mengajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Batang Onang Tahun Ajaran 2013 /2014.Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik pengumpulan data : Observasi, Wawancara, Angket dan Studi Dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI yaitu 132 orang dan diambil sampel sebanyak 15% dari seluruh jumlah populasi, maka yang menjadi sampel adalah 66 orang, yang diambil secara acak random.Hipotesis dalam penelitian ini diuji dengan korelasi product moment oleh pearson. Untuk mengetahui pengaruh antara Keterampilan guru mengajar terhadap prestasi belajar siswa digunakan rumus regresi linear sederhana. Selanjutnya untuk mengetahui tingkat signifikansi keterampilan guru mengajar terhadap prestasi belajar siswa digunakan rumus uji t.Berdasarkan hasil analisis data dengan uji korelasi product moment, diperoleh koefisien korelasi r_hitung = 0,583 sedangkan r_tabel = 0,245 pada taraf kepercayaan 95% dan alpha 5% dengan demikian r_hitung > r_tabel maka hipotesis dapat diterima. Untuk memprediksi pengaruh keterampilan guru mengajar terhadap prestasi belajar siswa digunakan regresi linear sederhana yaitu diperoleh hasil Y = 50,199 + 0,056x. Kemudian untuk mengetahui tingkat signifikansi keterampilan guru mengajar terhadap prestasi belajar siswa digunakan rumus uji t, diperoleh t_hitung = 5,199 sedangkan t_tabel = 1,671 pada taraf kepercayaan 95% dan alpha 5% dengan demikian t_hitung > t_tabel, sehingga hipotesis yang dirumuskan menyatakan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara keterampilan guru mengajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Batang Onang Tahun Ajaran 2013 / 2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 330.071 2 Har p |
Keywords: | keterampilan; guru mengajar;proses belajar mengajar; prestasi belajar; analisis data |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5546 Office management L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 02:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14094 |