Rahmawati (2014) PERSEPSI SISWA TENTANG PENGGUNAAN MULTIMEDIA DAN KECERDASAN EMOSIONAL HUBUNGANNYA DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA DI SMP SWASTA BANDUNG TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
7103141106 COVER.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
7103141106 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (595kB) | Preview
7103141106 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (370kB) | Preview
7103141106 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
7103141106 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
7103141106 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
7103141106 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7103141106 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
7103141106 BAB I.pdf - Published Version
Download (466kB) | Preview
7103141106 BAB V.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
7103141106 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
7103141106 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) Apakah ada hubungan persepsi siswa tentang penggunaan multimedia terhadap prestasi belajar. (2) Apakah ada hubungan kecerdasaan emosional terhadap prestasi belajar. (3) Apakah ada hubungan persepsi Siswa tentang penggunaan multimedia dan kecerdasan emosional dengan prestasi belajar. penelitian ini bertujuan untuk : (1)Untuk mengetahui hubungan persepsi siswa tentang penggunaan multimedia terhadap prestasi belajar. (2) Untuk mengetahui hubungan kecerdasaan emosional terhadap prestasi belajar. (3) Untuk mengetahui hubungan persepsi Siswa tentang penggunaan multimedia dan kecerdasan emosional dengan prestasi belajar IPS. Penelitian ini dilaksanakan di SMP SWASTA BANDUNG Tahun Ajaran 2013/2014. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif, dengan kuesioner (angket) dan dokumentasi nilai prestasi belajar IPS sebagai alat pengumpul data penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP SWASTA BANDUNG yang terbagi atas 2 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 57 orang. Sedangkan sampel penelitian diambil secara total sampling yang berjumlah 57 orang. Untuk menguji hipotesis 1 dan 2 digunakan statistik t dengan model korelasi product moment. Sedangkan untuk menguji hipotesis 3 digunakan statistik F dengan model korelasi ganda. Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil penelitian: (1) Ada hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi siswa tentang penggunaan multimedia dengan prestasi belajar IPS kelas VIII di SMP Swasta Bandung Tahun Ajaran 2013/2014. Berarti hipotesis diterima, persepsi siswa tentang penggunaan multimedia hubungannya dengan prestasi belajar IPS diketahui thitung > ttabel yaitu 2,779 > 2,005. (2) Ada hubungan yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar IPS kelas VIII di SMP Swasta Bandung Tahun Ajaran 2013/2014. Berarti hipotesis diterima, kecerdasan emosional hubungannya dengan prestasi belajar diketahui thitung > ttabel yaitu 5,535 > 2,005. (3) Ada hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi siswa tentang penggunaan multimedia dan kecerdasan emosional secara bersama-sama dengan prestasi belajar IPS siswa diketahui Fhitung > Ftabel yaitu 23,314 > 3,170 dengan koefisien determinasi (R square) adalah sebesar (0,681)² x 100% = 46,3%. Ini berarti bahwa Persepsi siswa tentang penggunaan multimedia dan kecerdasan emosional hubungannya terhadap prestasi belajar IPS siswa sebesar 46,3%. Pihak sekolah dan guru-guru diharapkan dalam proses belajar mengajar harus lebih menggunakan media pembelajaran seperti multimedia dan memberi pengetahuan kepada siswa pentingnya kecerdasan emosional dalam proses belajar mengajar untuk meningkatkan prestasi belajar siswa yang memuaskan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 651.071 2 Rah p |
Keywords: | Persepsi; Siswa; Prestasi Belajar; Multimedia |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HF Commerce L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 25 Aug 2016 03:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14025 |