Lubis, Retnita Ernayani and Djulia, Ely and Hasruddin (2013) ANALISIS KOMPETENSI GURU BIOLOGI SMA YANG SUDAH LULUS SERTIFIKASI DI KOTA MEDAN. Jurnal Pengajaran MIPA, 18 (01). pp. 22-34. ISSN 1412-0917
Fulltext.pdf - Published Version
Download (868kB) | Preview
Reviewer.pdf - Published Version
Download (364kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengamati profesional, kompetensi kepribadian, sosial, dan pedagogik guru biologi bersertifikat sesuai dengan Permendiknas No 16, 2007. Seperti banyak guru biologi 224 yang telah lulus sertifikasi di Kecamatan Medan terlibat sebagai populasi dalam penelitian ini. Data dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi, lembar penilaian RPP, lembar penilaian set mahasiswa, guru dan siswa kuesioner selama delapan guru biologi. Dalam penelitian ini, data dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan menggunakan persentase. Hasil menunjukkan bahwa kompetensi profesional, pedagogik, kepribadian, dan sosial guru biologi telah sesuai dengan Permendiknas No 16, 2007. Pada dasarnya, guru biologi mampu menyusun rencana pelajaran dengan baik, total rata-rata untuk RPP guru biologi dalam aspek penilaian X = (2.81 ± 1.33). Selain bahwa nilai rata-rata aspek penilaian tertinggi X = (4,29 ± 0,76) dalam aspek penilaian merumuskan masalah dan nilai rata-rata aspek penilaian terendah X = (1,86 ± 1,07) dalam aspek penilaian skenario pembelajaran detail. Kemudian, dalam penilaian siswa menetapkan total rata-rata dari penilaian aspek X = (3.02 ± 1.29). Disamping itu rata-rata penilaian siswa set dalam aspek penilaian tertinggi X = (4.00 ± 1.26). Dalam aspek penilaian, perumusan setiap pertanyaan menggunakan kata-kata/kalimat yang menyebabkan makna ganda dan rata-rata aspek penilaian terendah X = (1,33 ± 0,51) dalam aspek penilaian kejelasan kriteria penilaian yang dijelaskan dalam set penilaian. Hasil observasi pembelajaran di kelas yang menunjukkan rata-rata total guru biologi dalam penilaian aspek X = (3,60± 1,13). Disamping itu rata-rata aspek tertinggi penilaian X = (4,25 ± 1,38) dalam aspek penilaian pra-belajar dan rata-rata aspek penilaian terendah X = (3.00 ± 1.06) dalam aspek penilaian proses dan hasil pembelajaran dan X = (3,00 ± 1,30 ) dalam aspek penilaian penutupan-learning. Penilaian Hasil dari coleages menunjukkan bahwa kompetensi pribadi dan sosial guru biologi yang telah lulus sertifikasi baik dan dalam kuesioner siswa menunjukkan hasil yang baik juga. Dalam kompetensi personal, total rata-rata aspek penifaian X = (4.11 ± 0.50) dalam kuesioner guru dan kompetensi sosial, total rata-rata aspek penilaian X = (4.01 ± 0.51) dalam kuesioner guru. Penelitian ini berimplikasi untuk pentingnya pembangunan berkelanjutan bagi guru biologi bersertifikat.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Guru biologi; Kompetensi kepribadian; Kompetensi pedagogik; Kompetensi profesional; Kompetensi sosial; Sertifikasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1771 Certification of teachers L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization > LB2832 Teaching personnel Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 24 Oct 2016 02:31 |
Last Modified: | 02 Dec 2016 09:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1401 |