Dhani, Ika Mawar (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN SISWA KELAS XI SMK HARAPAN STABAT TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
7102141017-COVER.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
7102141017-LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
7102141017-KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
7102141017-ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
7102141017-DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
7102141017-DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7102141017-DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
7102141017-DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7102141017-BAB I.pdf - Published Version
Download (366kB) | Preview
7102141017-BAB V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
7102141017-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
7102141017-RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar kewirausahaan siswa kelas XI SMK Harapan Stabat Tahun Ajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan insrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar kewirausahaan dalam bentuk objektif tes sebanyak 20 item, dimana sebelumnya telah diujicobakan untuk mengetahui tingkat validitas, reliabilias, daya pembeda dan tingkat kesukaran dari tes. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Harapan Stabat Tahun Ajaran 2013/2014. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMK Harapan Stabat yang berjumlah 111 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling dimana sampel terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 38 orang. Hasil penelitian data post test hasil belajar siswa menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen 76,84 dengan standar deviasi 9,26 dan nilai rata-rata hasil belajar kelas kontrol 74,21 dengan standar deviasi 8,18. Pengujian normalitas pada kelas eksperimen didapatkan L0 < Ltabel yakni 0,1388 < 0,1437, dan pada kelas kontrol juga L0 < Ltabel yakni 0,1072 < 0,1437. Pengujian homogenitas varians post test diperoleh Fhitung < Ftabel (1,28 < 1,72) maka dapat dikatakan bahwa data post test mempunyai varians yang sama atau homogen. Pengujian hipotesis dilakukan pada taraf signifikan 95% atau α = 0,05, dari data perhitungan hipotesis diperoleh thitung sebesar 6,0211 dan ttabel sebesar 2,00. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 6,0211 > 2,00. Hal ini menunjukkan bahwa Ha (Hipotesis Alternatif) diterima. Dari hasil analisis data diketahui bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Hasil Belajar Kewirausahaan Siswa kelas XI SMK Harapan Stabat Tahun Ajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 658.421 071 9 Dha p |
Keywords: | Model; Pembelajaran; Inkuiri; Langkah-langkah; Pelaksanaan; Hasil Belajar; Kelebihan & Kelemahan |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 06:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13983 |