Waskito, Restu Pujo (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DI SMK HARAPAN STABAT T.P 2013-2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
709341112-COVER.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
709341112 APPROVAL.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
709341112 PREFACE.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
709341112 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
709341112 TABLE OF.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
709341112 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
709341112 APPENDICE.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
709341112 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (325kB) | Preview
709341112 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
709341112 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh ModelPembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) TerhadapHasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan Kelas XI AP SMKSwasta Harapan Stabat T.A 2013/2014.Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Harapan Stabat kelas XI APTahun Ajaran 2013/2014. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI APSMK Swasta Harapan Stabat Tahun Ajaran 2013/2014 yang terdiri dari 3 kelas.Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas XI AP2 sebagai kelaseksperimen dan XI AP1 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yangdigunakan adalah cluster sampling. Instrumen atau teknik pengumpulan datadalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak10 soal yang terlebih dahulu telah diuji validitas dan realibilitasnya dan dari hasilperhitungan tes hasil belajar adalah valid dan reliabel. Teknik analisis data yangdipergunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis denganmenggunakan rumus “t”.Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar yang diajarkan denganmodel pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC)lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajarkan dengan metode pembelajarankonvensional. Hasil uji statistik menunjukkan hasil belajar siswa dengan modelpembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) adalahpretes sebesar 42,66 dan postes sebesar 75,33 sedangkan hasil belajar siswa yangmenggunakan metode pembelajaran konvensional adalah pretes sebesar 38,66 danpostes sebesar 69,33. Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh thitung> ttabelyaitu 5,947> 1,67033 pada taraf signifikan 95% dan α = 0,05. Hal ini berarti ada pengaruh yang positif dan signifikan penggunaan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC)terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran kewirausahaan kelas XI AP SMK SwastaHarapanStabat T.A 2013/2014
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 658.421 071 9 Was p |
Keywords: | Pembelajaran kooperatif; Cooperative integrated reading and composition; Hasil belajar; Pendidikan kewirausahaan; Desain penelitian. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 03:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13945 |