Nasution, Afrida (2014) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN WORD SQUARE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR EKONOMI KELAS IX IPS MTS HIFZIL QUR’AN YAYASAN ISLAMIC CENTRE MEDAN TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
7114141001-COVER SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
7114141001-LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
7114141001-KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
7114141001-ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
7114141001-DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
7114141001-DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
7114141001-DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
7114141001-DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
7114141001-BAB I.pdf - Published Version
Download (307kB) | Preview
7114141001-BAB V.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
7114141001-Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah ” rendahnya aktivitas dan hasilbelajar siswa pada mata pelajaran ekonomi”. Tujuan penelitian ini adalah untukmengetahui dengan menerapkan siswa Kolaborasi Model Pembelajaran ProblemBased Learning dan Word Square dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajarekonomi.Penelitian ini dilaksanakan di SMP MTs HIFZIL Qur’an yayasan islamiccentre yang beralamat di Jl. Wiliemm iskandar/Slamet Kataren Tahun Pelajaran2013/2014. Subjek penelitian ini adalah kelas IX -2 yang berjumlah 30 orangsiswa. Dan objek penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajarekonomi siswa melalui penerapan kolaborasi model pembelajaran Problem BasedLearning dan Word Square.Teknik pengumpulan data dengan menggunakanlembar observasi untuk melihat aktivitas belajar siswa dan tes untuk melihat hasilbelajar siswa. Adapun teknik analisa data dengan menggunakan data kualitatif datakuantitatif.Dari hasil analisis diperoleh data pretes sebagai hasil belajar awal siswadengan 26,7%.Data postes siklus I dengan rata-rata nilai 66,7% berarti adapeningkatan hasil belajar siswa sebesar 40%.Sedangkan,data postes siklus IIdengan rata-rata nilai hasil belajar siswa 86,7% berarti ada peningkatan hasilbelajar siswa dari postes siklus I ke postes siklus II sebesar 20%.Hasil observasiyang telah di lakukan menunujukkan peningkatan aktivitas siswa sebesar 33%.( Siklus I 50% sedangkan Siklus II 83%).Dapat disimpulkan bahwa penerapan Kolaborasi Model PembelajaranProblem Based Learning dan Word Square pada materi Uang dan LembgaKeuangan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas IX-2 MTs HIFZIL Qur’an yayasan islamic centre Tahun Pelajaran 2013/2014
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 330.071 Nas p |
Keywords: | Model pembelajaran; PBL; Word square; Aktivitas belajar; Hasil belajar; Siswa; Kolaborasi. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 23 Aug 2016 03:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13821 |