Ginting, Tri Randayani Br (2014) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITAOR AND EXPLAINING (SFAE) DAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATA PELAJARAN EKONOMI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 KUTALIMBARU TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
709141230-COVER.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
709141230-LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (538kB) | Preview
709141230-KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
709141230-ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
709141230-DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
709141230-DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
709141230-DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
709141230-DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
709141230-BAB I.pdf - Published Version
Download (473kB) | Preview
709141230-BAB V.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
709141230-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Rendahnya aktivitas dan hasil belajar Ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 1 Kutalimbaru”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 1 Kutalimbaru dengan penerapan kolaborasi model pembelajaran Student Facilitaor And Explaining (SFAE) dan Numbered Head Together (NHT).Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Kutalimbaru yang berlokasi di Desa Suka Rende Pasar IV Kec. Kutalimbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X4 dengan jumlah 34 siswa dan objek penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar ekonomi siswa melalui penerapan kolaborasi model pembelajaran Student Facilitaor And Explaining (SFAE) dan Numbered Head Together (NHT). Teknik Pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi untuk melihat aktivitas belajar siswa dan tes untuk melihat hasil belajar siswa. Adapun teknik analisa data dengan menggunakan data kualitatif dan data kuantitatif.Dari hasil analisis diperoleh data postes siklus I dengan rata-rata nilai 61,8% . Sedangkan, data postes siklus II dengan rata-rata nilai hasil belajar siswa 88,2% berarti ada peningkatan hasil belajar siswa dari postes siklus I ke postes siklus II sebesar 26,4%. Hasil observasi yang telah dilakukan menunjukkan peningkatan aktivitas siswa sebesar 29,4%.( Siklus I 53% sedangkan Siklus II 82,4%).Dapat disimpulkan bahwa penerapan kolaborasi model pembelajaran Student Facilitaor And Explaining (SFAE) dan Numbered Head Together (NHT) pada standar kompetensi Memahami kebijakan pemerintah dalam bidang ekonomi di kelas X SMA Negeri 1 Kutalimbaru Tahun Ajaran 2013/2014 membuktikan peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan. Hal ini berarti bahwa penerapan kolaborasi model pembelajaran Student Facilitaor And Explaining (SFAE) dan Numbered Head Together (NHT) dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran Ekonomi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 330 071 /Gin /p |
Keywords: | Model pembelajaran kooperatif ; Sfae ; Nht ; Aktivitas belajar ; Hasil belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 23 Aug 2016 03:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13819 |