Solin, Chairul Fahmi (2013) HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PRESTASI BELAJAR KEWIRAUSAHAAN SISWA KELAS X SMK SWASTA JAMBI MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
708310021-COVER.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
708310021-LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (320kB) | Preview
708310021-KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
708310021-ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
708310021-DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
708310021-DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
708310021-DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
708310021-BAB I.pdf - Published Version
Download (351kB) | Preview
708310021-BAB V.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
708310021-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar Kewirausahaan siswa kelas X SMKSwasta Jambi Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar Kewirausahaan siswa kelas X SMK Swasta Jambi Tahun Ajaran 2012/2013.Penelitian ini dilaksanakan di SMK BM Swasta Jambi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Swasta Jambi Tahun Ajaran 2012/2013 yang terdiri dari kelas 1 SMK yang berjumlah 30 orang siswa, teknik pengambalan sampel dilakukan secara (Total Sampling) sehingga sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa angket kecerdasan emosional dan untuk prestasi belajar akuntasi digunakan dokumen yaitu berupa daftar kumpulan nilai (DKN). Uji validitas butir angket dengan menggunakan rumus korelasi product moment, sedangkan reliabilitas angket dengan menggunakan rumus koefisien alpha. Teknik analisis data yang digunakan untuk melihat hubungan kecerdasan emosional (X)dengan prestasi belajar (Y) digunakan rumus korelasi product moment dan ujideterminasi sedangkan untuk menguji hipotesis digunakan rumus uji-t.Hasil coba penelitian ini yang telah dilakukan maka diketahui bahwa dari30 item soal yang diuji cobakan hanya 27 item soal yang valid, dan diperolehreliabilitas angket sebesar 0,876 maka angkat dinyatakan reliabel. Berdasarkanperhitungan koefisien korelasi diperoleh rhitung = 0,553 yang berarti ada keeratan hubungan antara kecerdasan emosional (X) dengan prastasi belajarKewirausahaan (Y) setelah dikonsultasikan dengan interprestasi koefisienkorelasi termasuk dalam kategori cukup kuat. Dan besarnya hubungan kecerdasan emosional (X) dengan Prestasi Belajar Kewirausahaan (Y) sebesar 30,6%. Dari perhitungan uji-t diperoleh nilai thitung 3,514 > ttabel 1,701. Maka disimpulkan bahwa ada hubungan antara kecerdasan emosionaldengan prestasi belajar Kewirausahaan siswa kelas X SMK Swasta Jambi TahunAjaran 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 658.150 719 Sol h |
Keywords: | Kecerdasan Emosional; Dimensi; Ciri-ciri; Perkembangan; Prestasi Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HG Finance > HG4001 Finance management. Business finance. Corporation finance L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 22 Aug 2016 09:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13769 |