Lumban Gaol, Fransiska (2013) PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR DALAM KONTEKS PENDIDIKAN FORMAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN KELAS X JURUSAN TEKNIK SEPEDA MOTOR SMK PAB MEDAN ESTATE TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
709141061-JUDUL.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
709141061-LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (347kB) | Preview
709141061-KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (311kB) | Preview
709141061-ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
709141061-DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
709141061-DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
709141061-BAB I.pdf - Published Version
Download (508kB) | Preview
709141061-BAB V.pdf - Published Version
Download (358kB) | Preview
709141061-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah banyaknya siswa yang memiliki prestasi belajar yang rendah dan banyaknya output siswa yang setelah menyelesaikan sekolah menengah kejuruan tidak memiliki keterampilan terutama dalam bidang kewirausahaan, sehingga dibutuhkan bimbingan agar mengarahkan siswa lebih kreatif dan inovatif. Tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh bimbingan belajar dalam konteks pendidikan formal terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan kelas X jurusan teknik sepeda motor di SMK PAB 6 Medan Estate Tahun Ajaran 2012/ 2013.Penelitian ini dilakukan di SMK PAB 6 Medan Estate dengan populasi sebanyak 51 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah teknik total sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengukur bimbingan belajar berupa angket dan untuk mengukur prestasi belajar ekonomi siswa digunakan Daftar Kumpulan Nilai ekonomi siswa kelas X Jurusan Teknik Speda Motor SMK PAB 6 semester 1 Tahun Ajaran 2012/ 2013. Uji validitas angket menggunakan teknik Korelasi Product Moment. Reliabilitas tes diuji dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach. Kemudian data dianalisis dengan rumus regresi linear berganda. Selanjutnya untuk menguji hipotesis digunakan uji t.Hasil analisis regresi linier sederhana diperoleh persamaan garis linear Y=28,700+0,438X. Untuk uji t bimbingan belajar diperoleh thitung sebesar 3,355 ≥ ttabel 2,002 maka ada pengaruh positif dan signifikan bimbingan belajar dalam konteks pendidikan formal terhadap prestasi belajar siswa kelas X jurusan Teknik Sepeda Motor di SMK PAB 6 Medan Estate.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 658.071 9 Lum p |
Keywords: | bimbingan belajar; tujuan; fungsi; pelaksanaan; prestasi belajar; wirausaha |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 22 Aug 2016 07:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13751 |