Sitepu, Nani Rantina (2013) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VII DI SMP NEGERI 10 BINJAI TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
709141139-COVER.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
709141139-LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (412kB) | Preview
709141139-KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (297kB) | Preview
709141139-ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
709141139-DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
709141139-DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
709141139-DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
709141139-DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
709141139-BAB I.pdf - Published Version
Download (608kB) | Preview
709141139-BAB V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
709141139-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VII di SMP Negeri 10 Binjai Tahun Ajaran 2012/2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VII dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw.Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 10 Binjai yang beralokasi di Jl. Rambutan Ujung No.33 Kec. Binjai Barat , Kota Binjai. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII-2 yang berjumlah 32 orang.Teknik pengambilan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah teknik Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus, dimana setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar berupa tes dan observasi. Tes diberikan sebanyak 10 soal dalam 1 siklus dan observasi dilakukan selama pembelajaran berlangsung. Sebagai indikator ketuntasan belajar, dengan KKM sebesar 70 dan kriteria ketuntasan klasikal sebesar 85 %.Dari siklus I, hasil belajar siswa tidak memenuhi kriteria ketuntasan klasikal, yaitu hanya memperoleh 53,13 % kelas yang memperoleh nilai ≥ KKM sehingga dilanjutkan dengan siklus II. Dalam siklus II, hasil belajar meningkat menjadi 90,62% kelas yang memperoleh nilai ≥KKM. Demikian juga presentase peningkatan aktivitas siswa yang masuk dalam kategori aktif dan sangat aktif meningkat dari siklus I sebanyak 25 % menjadi 84, 38 % pada siklus II.Dengan demikian, Upaya untuk meningkatkan Aktivitas dan Hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VII di SMP Negeri 10 Binjai” telah berhasil dilaksanakan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 658.071 2 Sit u |
Keywords: | model pembelajaran; kooperatif; tipe jigsaw; aktivitas belajar; IPS terpadu |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 22 Aug 2016 04:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13727 |