Dalimunte, Rio Pambudi (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI SMA BUDI MURNI 2 MEDAN T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
708114236 COVER.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
708114236 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
708114236 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
708114236 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
708114236 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
708114236 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
708114236 BAB I.pdf - Published Version
Download (343kB) | Preview
708114236 BAB V.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
708114236 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar Siswa kelas XI SMA Budi Murni 2 Medan T.A 2012/2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI SMA Budi Murni 2 Medan T.A 2012/2013. Jenis Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Budi Murni 2 Medan yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah 122 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas yaitu kelas XI-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI-2 sebagai kelas kontrol. Instrument atau teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar ekonomi dalam bentuk multiple choise sebanyak 20 item. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen sebelum diberikan perlakuan sebesar 43 dan setelah diajarkan dengan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) terdapat peningkatan hasil belajar dengan rata-rata sebesar 81,875. Sedangkan rata-rata pretes siswa kelas kontrol sebelum diberikan perlakuan sebesar 43,875 dan setelah diberikan pembelajaran konevensional terdapat peningkatan hasil rata-rata postes sebesar 72,625. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t dengan taraf signifikansi yang positif dan signifikan 95% dan α = 0.05. Hasil perhitungan yang didapatkan menunjukkan bahwa thitung = 4,74 > ttabel = 1,994 dengan demikian hipotesis dapat diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI SMA Budi Murni 2 Medan T.A 2012/2013. Kata Kunci: Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT),
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 651.071 2 Dal p |
Keywords: | model pembelajaran; konvensional; kooperatif; NHT; hasil belajar; akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 22 Aug 2016 06:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13716 |