Nasution, Abdi Syahputra Dharma (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DI SMK N 7 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
709341001 COVER.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
709341001 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (384kB) | Preview
709341001 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
709341001 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
709341001 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
709341001 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
709341001 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
709341001 BAB I.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
709341001 BAB V.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
709341001 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Instruction terhadap hasil belajar pada mata pelajaran kewirausahaan kelas X SMK Negeri 7 Medan Tahun Pembelajaran 2012/2013.”Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Instruction terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Kewirausahaan Kelas X SMK Negeri 7 Medan T.P 2012/2013. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar kewirausahaan dalam bentuk objektif tes sebanyak 10 item. Penelitian ini dilaksanakan di SMK N 7 Medan Tahun Pembelajaran 2012/2013. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X AP SMK N 7 Medan Tahun Pembelajaran 2012/2013 yang berjumlah 151 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah technic random sampling yang sampel terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 37 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar kewirausahaan dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 10 item, dimana sebelumnya telah diuji cobakan untuk mengetahui tingkat validitas tes, reliabilitas tes, daya pembeda tes dan tingkat kesukaran. Dari data tes hasil belajar menunjukkan nilai rata-rata siswa kelas eksperimen 81,35 dengan standar deviasi 7,87 dan nilai rata-rata siswa kelas kontrol 68,92 dengan standar deviasi 9,94. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan rumus Uji-t dengan dk (n_1 + n_2 - 2) pada taraf signifikan = 95%. Dari data perhitungan hipotesis diperoleh t_(hitung ) sebesar 5,9662 dan t_(tabel )sebesar 1,668. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa t_(hitung ) > t_(tabel ) yaitu 5,9662 > 1,668 dengan kata lain hipotesis diterima. Dapat disimpulakan bahwa Ada Pengaruh yang signifikan Model Pembelajaran Problem Based Instruction terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan di kelas X AP SMK N 7 Medan Tahun 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 658.421 071 Nas p |
Keywords: | konsep belajar; model pembelajaran; problem based instruction; konvensional; hasil belajar; kewirausahaan |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB615 Entrepreneurship. Risk and uncertainty. L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 20 Mar 2017 03:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13641 |