Rizky, Nursyifah Dwi (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN SMK BUDISATRYA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
709441035 COVER.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
709441035 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (364kB) | Preview
709441035 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
709441035 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
709441035 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
709441035 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
709441035 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
709441035 BAB I.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
709441035 BAB V.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
709441035 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Role Playing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Kewirausahaan SMK Budisatrya Medan Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini dilakukan di kelas XI AK SMK Budisatrya Medan Tahun Pembelajaran 2012/2013.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI AK SMK Budisatrya Medan yang terdiri dari 3 kelas, dengan jumlah keseluruhan sebanyak 120 orang. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas sebanyak 48 siswa. Kelas XI AK I sebagai kelas eksperimen berjumlah 24 siswa dan XI AK II berjumlah 24 siswa sebagai kelas kontrol. Tehnik pengambilan sampel yang digunakan adalah secara acak. Instrumen atau tekhnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar kewirausahaan siswa dalam bentuk multiple choise sebanyak 20 item.Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata- rata kelas eksperimen sebesar 70,83 dengan simpangan baku sebesar 11,19. Sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol adalah sebesar 57,5 dengan simpangan baku 9,43. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan rumus statistik uji t. Dengan dk = n1 + n2 – 2 pada taraf signifikan 95% dan α = 0,05. Dari hasil perhitungan hipotesis diperoleh thitung sebesar 3,94 dan ttabel sebesar 1,67 (3,94>1,67) maka hipotesis diterima. Dari hasil tesebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Role Playing terhadap hasil belajar kewirausahaan siswa kelas XI AK SMK Budisatrya Medan Tahun Pembelajaran 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 658.421 071 Riz p |
Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif; Ciri-ciri; Kelebihan dan Kekurangan; Role Playing; Tujuan dan Langkah-langkah; Hasil Belajar; Kewirausahaan |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB615 Entrepreneurship. Risk and uncertainty. L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 15 Nov 2016 04:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13638 |