Melinda, Melia (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GOUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS SMA SWA BINA KARYA MEDAN T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
709441028 COVER.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
709441028 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (382kB) | Preview
709441028 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (323kB) | Preview
709441028 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
709441028 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (514kB) | Preview
709441028 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
709441028 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
709441028 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
709441028 BAB I.pdf - Published Version
Download (438kB) | Preview
709441028 BAB V.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
709441028 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar ekonomi siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa Kelas XI IPS SMA Swa Bina Karya Medan T.A 2012/2013. Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swa Bina Karya yang berlokasi di Jl. Pelajar No.1 Pulo Brayan Bengkel Medan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS dengan jumlah 29 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana dalam setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data dan penyajian data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pretest sebelum diadakannya tindakan pada siklus I adalah sebanyak 10 siswa (34%) dengan nilai rata-rata 57,93 yang memenuhi standar ketuntasan belajar. Setelah dilaksanakan siklus I siswa yang tuntas sebanyak 18 siswa (62%) dengan nilai rata-rata 69,3 dan pada siklus II siswa yang tuntas sebanyak 25 siswa (86%) dengan rata-rata nilai 74,48. Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa di kelas XI IPS SMA Swa Bina Karya Medan T.A 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 658.071 2 Mel p |
Keywords: | model pembelajaran; kooperatif; unsur- unsur; metode ; tipe Group Investigation |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 08 Nov 2016 02:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13621 |