Astutik, Welas Sri (2013) PENGARUH REMEDIAL TEACHING DALAM MENCAPAI KETUNTASAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 KABANJAHE TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
709141236 COVER.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
709141236 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (658kB) | Preview
709141236 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
709141236 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
709141236 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
709141236 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
709141236 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
709141236 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
709141236 BAB I.pdf - Published Version
Download (358kB) | Preview
709141236 BAB V.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
709141236 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajarsiswa pada mata pelajaran kewirausahaan. Untuk mengatasi masalah tersebutdiperlukan suatu program perbaikan yang disebut dengan pengajaran remedial.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh positif dan signifikanremedial teaching dalam mencapai ketuntasan hasil belajar siswa.Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Kabanjahe Jalan Kota CaneNo. 111 T.A 2012/2013 Kabanjahe. Dalam penelitian ini populasi yangdigunakan adalah seluruh siswa kelas X, dan yang menjadi sampel adalah kelas XAdministrasi Perkantoran 1 dan X Administrasi Perkantoran 2 sebanyak 75 orang.Dan teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampel.Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengukur hasil belajarkewirausahaan siswa dalam bentuk tes pilihan berganda sebanyak 20 item,dimana sebelumnya sudah diujicobakan untuk mengetahui daya beda dan tingkatkesukaran soal.Hasil belajar siswa sebelum diberikan pengajaran menunjukkan belum adasiswa yang tuntas belajar dengan rata-rata nilai 37,2. Selanjutnya diberikanpengajaran dan kemudian diberikan post test I. Rata- rata hasil post test adalahterdapat 41 siswa (54,67%) telah mencapai ketuntasan belajar dan 34 siswa(45,33%) belum mencapai ketuntasan belajar. Siswa yang belum mencapaiketuntasan belajar akan diberikan pengajaran remedial. Setelah dilakukanpengajaran remedial diketahui dari 34 siswa, terdapat 29 siswa yang telah tuntasdan 5 siswa belum tuntas belajar. Berdasarakan daya serap tersebut dapat dilihatketuntasan belajar secara keseluruhan (klasikal) sebanyak siswa 70 siswa yangtuntas belajar dan 5 siswa tidak tuntas. Maka dapat disimpulkan bahwa kelastersebut telah tuntas dalam belajar yaitu 93,33% yang telah mencapai nilai > 75.Sebelum dilakukan uji hipotesis terlebih dahulu dilakukan uji normalitasdengan uji liliefors dan hasilnya semua variabel penelitian berdistribusi normal.Hipotesis diuji dengan menggunakan uji t. Hasilnya menunjukkan bahwa th > tt(3,55 > 1,69). Maka hipotesis diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 658.071 9 Ast p |
Keywords: | Pengajaran Remedial; Belajar; Hasil Belajar; Ketuntasan; Efektifitas; Kewirausahaan |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 18 Oct 2016 03:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13588 |