Simarmata, Fransisca (2013) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN PAIR CHECK DENGAN POINT COUNTER POINT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AK 4 SMKN 1 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
709141060 COVER.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
709141060 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (303kB) | Preview
709141060 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
709141060 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
709141060 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
709141060 BAB I.pdf - Published Version
Download (439kB) | Preview
709141060 BAB V.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
709141060 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “ Rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas X Ak 4 SMKN 1 Medan” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa dengan menerapkan kolaborasi model pembelajaran Pair Check dengan Point Counter Point di kelas X Ak 4 SMKN 1 Medan Tahun Pembelajaran 2012/2013.Penelitian ini dilaksanakan di SMKN 1 Medan yang berada dijalan Sindoro no. 1 Medan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Ak 4 yang berjumlah 40 orang. Penelitian dilakukan berdasarkan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Berdasarkan hasil analisis dari lembar observasi aktivitas siswa menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebessar 22,5% . Pada siklus I diperoleh hasil 55% siswa masuk dalam kategori aktif dan pada siklus II diperoleh hasil 77,5% siswa masuk dalam kategori aktif. Untuk hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh hasil belajar yaitu 67,5% siswa memenuhi ketuntasan dengan nilai rata-rata 74,75 akan tetapi belum mencapai indikator keberhasilan yaitu 75%. Oleh karena itu penelitian dilanjutkan ke siklus II. Hasil yang diperoleh di siklus II diperoleh hasil belajar yaitu 92,5% siswa memenuhi ketuntasan dengan nilai rata-rata 87 atau meningkat sebesar 25% yang berarti telah melampaui indikator keberhasilan sehingga penelitian berhenti di siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan kolaborasi model pembelajaran Pair Check dengan Point Counter Point dikelas X Ak 4 SMKN 1 medan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini berarti bahwa model pembelajaran Pair Check dengan Point Counter Point dapat digunakan sebagai alternative dalam pembelajaran akuntansi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 2 Sim p |
Keywords: | Aktivitas Belajar; Hasil Belajar; Pair Check; PointCounter Point. |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 17 Oct 2016 03:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13568 |