Saragih, Laura Triani (2013) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DENGAN STRATEGI EKSPOSITORI PADA SISWA KELAS XII IPS DI SMA PANCA BUDI MEDAN T.P. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
709141110 COVER.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
709141110 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (608kB) | Preview
709141110 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (342kB) | Preview
709141110 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
709141110 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
709141110 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
709141110 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
709141110 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
709141110 BAB I.pdf - Published Version
Download (491kB) | Preview
709141110 BAB V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
709141110 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (380kB) | Preview
Abstract
Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IPS 1 SMA Panca Budi Medan T.P. 2013/2014. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Posing dengan strategi Ekspositori. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Panca Budi Medan yang beralamat di Jl. Jend. Gatot Subroto Km 4,5. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS 1 SMA Panca Budi Medan yang berjumlah 42 orang dan objek dalam penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran Problem Posing dengan strategi Ekspositori sebagai upaya untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi. Dalam pengumpulan data, teknik yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas siswa dan test hasil belajar akuntansi.Berdasarkan analisis data terjadi peningkatan aktivitas siswa pada siklus I yaitu 72,40% menjadi 79,21% pada siklus II. Dengan demikian terjadi peningkatan sebesar 6,81%. Perolehan nilai hasil belajar siswa pada siklus I yang mencapai KKM (≥ 75) adalah 24 siswa (57,14%) dengan nilai rata-rata adalah 72,62 dan pada siklus II terdapat 36 siswa (85,71%) dengan nilai rata-rata 80,12. Dengan demikian terdapat peningkatan hasil belajar akuntansi sebesar 28,57% dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan uji signifikansi, terdapat peningkatan hasil belajar yang signifikan dan positif antara siklus I dengan siklus II dimana thitung = 3,3 > ttabel =1,68385.Dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Posing dengan strategi Ekspositori dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IPS 1 di SMA Panca Budi Medan T.P. 2013/2014
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 2 Sar u |
Keywords: | pROBLEM pOSING; eKSPOSITORI; AKTIVITAS; AKUNTANSI; tindakan kelas |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 06 Oct 2016 06:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13498 |