Tarigan, Rhiski Bori Sandi (2013) IMPLEMENTASI KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DENGAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS SMA NEGERI 2 KABANJAHE T.P. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
709141184 COVER.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
709141184 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
709141184 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
709141184 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
709141184 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
709141184 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
709141184 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
709141184 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
709141184 BAB I.pdf - Published Version
Download (519kB) | Preview
709141184 BAB V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
709141184 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IPS SMA Negeri 2 Kabanjahe. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa dengan mengimplementasikan kolaborasi model pembelajaran Problem Posing dengan Problem Based Learning. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Kabanjahe yang beralamat di jalan Jamin Ginting Kabanjahe Kabupaten Karo. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS yang berjumlah 30 orang dan objeknya adalah implementasi kolaborasi model pembelajaran Problem Posing dengan Problem Based Learning.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, dimana tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi aktivitas siswa dan tes hasil belajar yang berbentuk essay. Teknik analisis data dilakukan dengan cara data kuantitatif dan data kualitatif. Dari observasi yang telah dilakukan diperoleh hasil aktivitas siswa pada siklus I yaitu terdapat 53,33 % siswa untuk kriteria aktif. Sedangkan pada siklus II terdapat 73,33 % siswa yang tergolong aktif dan sangat aktif, yang menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas siswa sebesar 20,00 %. Sedangkan dari hasil penelitian terhadap tes hasil belajar siswa yang dilaksanakan, terdapat peningkatan hasil belajar siswa yaitu pada siklus I terdapat 15 orang siswa (50,00 %) yang tuntas, pada siklus II menjadi 26 orang siswa (86,67 %) siswa yang tuntas. Indikator ketuntasan klasikal tercapai, dimana 72% siswa memperoleh nilai ≥ 72. Untuk menguji signifikansi hasil belajar siswa dilakukan dengan menggunakan uji statistik atau uji t dengan dk=30-1=29, pada α = 0,05. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung= 7,02 dan ttabel = 2,04. Sehingga thitung > ttabel. Dengan kata lain peningkatan hasil belajar signifikan sehingga Ha diterima. Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa dengan implementasi kolaborasi model pembelajaran Problem Posing dengan Problem Based Learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XII IPS SMA Negeri 2 Kabanjahe Tahun Pembelajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 2 Tar i |
Keywords: | model pembelajaran; Problem Posing; Problem Based Learning; Aktivitas; Akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 05 Oct 2016 07:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13480 |