Nurmalita, Nurmalita (2013) THE IMPLEMENTATION OF COLLABORATION PROBLEM BASED LEARNING AND TIME TOKEN TO INCREASE THE ACTIVITY AND ACCOUNTING LEARNING RESULT IN ACCOUNTING GRADE 10 TH IN SMK NEGERI 1 STABAT AT ACADEMIC YEAR 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
709141161 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
709141161 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (986kB) | Preview
709141161 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
709141161 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
709141161 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
709141161 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
709141161 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
709141161 BAB I.pdf - Published Version
Download (683kB) | Preview
709141161 BAB V.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
709141161 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa dengan menggunakan Kolaborasi Model Pembelajaran Probelem Based Learning dan Time Token di SMK Negeri 1 Stabat T.P2012/2013.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK).Subjek dalam penelitian ini adalah kelas X Akuntansi dengan jumlah siswa 37orang. Objek penelitiannya adalah Kolaborasi Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Time Token. Instrument yang digunakan adalah test hasil belajar berupa 28 soal pilihan ganda yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya,dan lembar observasi untuk pengamatan aktivitas belajar siswa dan guru.Dari hasil penelitian diperoleh data nilai rata-rata hasil belajar siswa pada pretes dengan rata-rata 48,02 sedangkan pada post test I dengan menggunakan Kolaborasi Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Time Token mengalami peningkatan 20,87 point dengan rata-rata nilai post test I 68,89,sedangkan nilai rata-rata di siklus II meningkat 13,56 dengan rata-rata nilai post test II 82,45. Dan berdasarkan data hasil aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Dimana pada siklus I 0 orang(0%) dalamkategori sangat bagus meningkat 15 orang menjadi 15 orang(40%), 8 orang (22%)dalam kategori baik meningkat 10 orang menjadi 18 orang(49%).Untuk menguji signifikansi aktivitas dan hasil belajar siswa pada siklus Idan siklus II, digunakan rumus uji-t dan diperoleh t hitung sebesar 3,75. Perhitungan t tabel diperoleh hasil sebesar 1,99 dengan membandingkan t hitung dan t tabel diperoleh t hitung>t tabel yaitu 3,75>1,99. Sehingga hasil belajar akuntansi pada post test I disiklus I dan post test II di siklus 2 adalah signifikan positif. Perhitungan t hitung pada aktivitas belajar adalah 9,53 dengan membandingkan t hitung dan ttabel diperolehthitung>ttabel yaitu 9,53>1,99. Sehingga aktivitas belajar pada siklus 1 dan siklus 2 adalah signifikan positif.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan kolaborasi model pembelajaran problem based learning dan time token dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi di kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Stabat T.P 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 Nur i |
Keywords: | Problem Based Learning; Hasil Belajar Akuntansi; Time Token; Aktivitas Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 29 Sep 2016 04:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13453 |