PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER TERHADAP HASIL BELAJAR DENGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA MATERI FISIKA TOPIK TEKANAN DI KELAS VIII SMP CERDAS MURNI TEMBUNG KABUPATEN DELI SERDANG

Sani, Ridwan Abdullah (2011) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER TERHADAP HASIL BELAJAR DENGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA MATERI FISIKA TOPIK TEKANAN DI KELAS VIII SMP CERDAS MURNI TEMBUNG KABUPATEN DELI SERDANG. Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran Fisika, 03 (01). pp. 43-48. ISSN 2085-5281

[thumbnail of Full Text.pdf]
Preview
Text
Full Text.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penerapan model pembelajaran yang tepat dapat membantu siswa dalam mengelola, memperjelas, dan memelihara pengetahuan yang dipelajari, khususnya pengetahuan fisika. Dalam hal ini advance organizer membantu siswa dalam menjelaskan, mengintegrasikan, dan menghubungkan materi baru dalam tugas pembelajaran dengan materi yang telah dipelajarisebelumnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran advance organizer dengan hasil belajar fisika siswa yang diajar dengan metode yang konvensional pada materi tekanan di kelas VIII semester I SMP Cerdas Murni T.P 2010/2011. Ini berarti penerapan model pembelajaran advance organizer di kelas eksperimen memberikan hasilbelajar yang lebih baik.

Item Type: Article
Keywords: Pembelajaran advance organizer; Model pembelajaran; Pelajaran fisika; Tekanan
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Mr Brian Nicolas Rajagukguk
Date Deposited: 18 Apr 2016 08:06
Last Modified: 18 Apr 2016 08:06
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1342

Actions (login required)

View Item
View Item