PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN LATIHAN INKUIRI DENGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA MATA PELAJARAN FISIKA

Sani, Ridwan Abdullah (2011) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN LATIHAN INKUIRI DENGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA MATA PELAJARAN FISIKA. Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran Fisika, 03 (02). pp. 25-30. ISSN 2085-5281

[thumbnail of Full Text.pdf]
Preview
Text
Full Text.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar model Latihan Inkuiri dengan Pembelajaran Konvensional pada matapelajaran fisika. Peneliti membimbing mahasiswa dalam melakukan penelitian tersebut pada beberapa sekolah di kota Medan dan kabupaten Deli Serdang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran fisika yang diajar model inkuiri dengan pembelajaran konvensional. Siswa yang diajar dengan model pembelajaran Inquiry Training (Latihan Inkuiri) dapat mengerjakan soal dengan tingkat kognitif yang lebih tinggi. Secara umum, siswa yang diajar melalui latihan inkuiri akan mempunyai tingkat penguasaan konsep yang lebih tinggi, dan mampu menjawab dengan lebih banyak tes hasil belajar dibandingkan dengan siswa yang diajar secara konvensional menggunakan metode ceramah.

Item Type: Article
Keywords: Latihan inkuiri; Model pembelajaran; Hasil belajar; Pembelajaran konvensional; Pelajaran fisika
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Mr Brian Nicolas Rajagukguk
Date Deposited: 18 Apr 2016 07:48
Last Modified: 18 Apr 2016 07:48
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1341

Actions (login required)

View Item
View Item