Sani, Ridwan Abdullah (2011) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN LATIHAN INKUIRI DENGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA MATA PELAJARAN FISIKA. Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran Fisika, 03 (02). pp. 25-30. ISSN 2085-5281
Full Text.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar model Latihan Inkuiri dengan Pembelajaran Konvensional pada matapelajaran fisika. Peneliti membimbing mahasiswa dalam melakukan penelitian tersebut pada beberapa sekolah di kota Medan dan kabupaten Deli Serdang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran fisika yang diajar model inkuiri dengan pembelajaran konvensional. Siswa yang diajar dengan model pembelajaran Inquiry Training (Latihan Inkuiri) dapat mengerjakan soal dengan tingkat kognitif yang lebih tinggi. Secara umum, siswa yang diajar melalui latihan inkuiri akan mempunyai tingkat penguasaan konsep yang lebih tinggi, dan mampu menjawab dengan lebih banyak tes hasil belajar dibandingkan dengan siswa yang diajar secara konvensional menggunakan metode ceramah.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Latihan inkuiri; Model pembelajaran; Hasil belajar; Pembelajaran konvensional; Pelajaran fisika |
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 18 Apr 2016 07:48 |
Last Modified: | 18 Apr 2016 07:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1341 |