PENGARUH METODE PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA MEDAN PUTERI TAHUN AJARAN 2012/2013. SKRIPSI. JURUSAN PENDIDIKAN EKONOMI.

Silalahi, Erik (2013) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA MEDAN PUTERI TAHUN AJARAN 2012/2013. SKRIPSI. JURUSAN PENDIDIKAN EKONOMI. Undergraduate thesis, UNIMED.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Quantum Learning teknik catatan tulis-susun terhadap hasil belajar ekonomi siswa SMA Medan Puteri Tahun Ajaran 2012/2013. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Medan Puteri, yang terdiri dari 5 kelas dimana jumlah seluruhnya 111 orang. Sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas. Kelas X-2 sebagai kelas eksperimen berjumlah 40 orang yang diajarkan dengan metode pembelajaran Quantum Learning teknik catatan tulis-susun dan kelas X-3 sebagai kelas kontrol berjumlah 40 orang yang diajarkan dengan metode pembelajaran konvensional. Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi dan tes yang berbentuk pilihan berganda untuk soal pre-tes dan post-tes. Dari hasil analisis data yang diperoleh nilai rata-rata dengan metode Quantum Learning teknik catatan tulis-susun pre-tes = 43, 125 ; SD 14,397 dan post-tes = 80,875 ; SD = 9,928 sedangkan dengan metode pembelajaran konvensional pre-tes = 42,75 ; SD = 13,725 dan post-tes = 72,125 SD = 8,156. Untuk harga ttabel dengan α = 0,05 dan dk 78 diperoleh 1,667. Karena pengujian hipotesis dalam tabel penelitian ini menggunakan uji t dua pihak diketahui thitung = 4,39 sehingga thitung > ttabel, maka dalam hal ini hipotesis yang menyatakan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara metode pembelajaran Quantum Learning teknik catatan tulis-susun terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Medan Puteri Tahun Ajaran 2012/2013 dapat diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 651.307, Sil p
Keywords: Metode Pembelajaran Quantum Learning dan Hasil Belajar
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
Last Modified: 24 Jan 2017 03:40
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13397

Actions (login required)

View Item
View Item