PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING (PEMBELAJARAN TERBALIK) TERHADAP HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN SISWA KELAS X SMK NEGERI 2 PANYABUNGAN TAHUN AJARAN 2012/2013

Nasution, Nur Saadah (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING (PEMBELAJARAN TERBALIK) TERHADAP HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN SISWA KELAS X SMK NEGERI 2 PANYABUNGAN TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

Full text not available from this repository.

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar kewirausahaan siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap hasil belajar kewirausahaan siswa kelas X SMK Negeri 2 Panyabungan Tahun Ajaran 2012/2013.Penelitian ini dilaksanakan SMK Negeri 2 Panyabungan Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X AV SMK Negeri 2 Panyabungan yang berjumlah 80 siswa yang terdiri dari 2 kelas. Sedangkan sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas X AV1 yang berjumlah 40 orang pada kelas eksperimen dan X AV2 yang berjumlah 40 orang pada kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik total sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar kewirausahaan berupa pilihan berganda sebanyak 20 soal. Teknik analisa data yang digunakan yaitu dengan penentuan skor, rata-rata, standar deviasi dan varians, uji normalitas menggunakan uji liliefors, uji homogenitas menggunakan uji F, uji hipotesis menggunakan uji t pada taraf signifikan (taraf kepercayaan) α = 0,05.Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar yang diajarkan dengan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching lebih tinggi dari hasil belajar yang diajarkan dengan metode konvensional. Hal ini didukung oleh perolehan rata-rata pre-test untuk kelas eksperimen 49,37 dengan nilai tertinggi 75 dan nilai terendah 30 serta SD 10,51 dan post-test sebesar 75,37 dengan nilai tertingi 95 dan nilai terendah 55 serta SD 11,67. Sedangkan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan metode konvensional adalah nilai rata-rata pre-test 48,62 dengan nilai tertinggi 75 dan nilai terendah 30 serta SD 13,39 dan post-test sebesar 63,12 dengan nilai tertinggi 80 dan nilai terendah 40 serta SD 12,38. Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh thitung > ttabel yaitu 4,628 > 1,667 pada taraf signifikan 95 % dan α = 0,05. Hal ini berarti hipotesis diterima.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ada Pengaruh yang signifikan model pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap hasil belajar kewirausahaan siswa kelas X SMK Negeri 2 panyabungn Tahun Ajaran 2012/2013

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 651.307 1 Nas p
Keywords: Model Pembelajaran;Reftical Teaching;Hasil Belajar
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
Last Modified: 23 Jan 2017 03:40
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13384

Actions (login required)

View Item
View Item