Hutajulu, Risanti (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK PAIR SHARE) TERHADAP HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN SISWA KELAS X SMK LAKSAMANA MARTADINATA MEDAN TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
708114238_COVER.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
708114238_PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (593kB) | Preview
708114238_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
708114238_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (396kB) | Preview
708114238_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
708114238_BAB I.pdf - Published Version
Download (424kB) | Preview
708114238_BAB V.pdf - Published Version
Download (395kB) | Preview
708114238_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) terhadap hasil belajar kewirausahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS (Think Pair Share) Terhadap Hasil Belajar Kewirausahaan Siswa Kelas X SMK Laksamana Martadinata Medan Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X SMK Laksamana Martadinata Medan Tahun Ajaran 2012/2013. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Laksamana Martadinata Medan Tahun Ajaran 2012/2013 sebanyak 135 orang yang terdiri dari 3 kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini di ambil dengan cara acak yaitu X AP1 sebagai kelas eksperimen dan X AP2 sebagai kelas kontrol, yang masing-masing berjumlah 45 siswa. Instrumen atau teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar kewirausahaan siswa dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen sebelum diberikan perlakuan sebesar 42,75 dan setelah diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS terdapat peningkatan hasil belajar saat post-test dengan rata-rata sebesar 76. Sedangkan rata-rata pre-test siswa kelas kontrol sebelum diberikan perlakuan sebesar 36,5 dan setelah diberikan pembelajaran konvensional terdapat peningkatan hasil rata-rata post-test sebesar 61,75. Hasil pengujian hipotesis diperoleh t_hitung>t_tabel (4,64 > 1,684) dengan kata lain hipotesis diterima. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh Model Pembelajaran Tipe TPS (Think Pair Share) terhadap Hasil Belajar Kewirausahaan Siswa Kelas X SMK Laksamana Martadinata Medan Tahun Ajaran 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 651.307 1 Hut p |
Keywords: | Pembelajaran; Kooperatif Tipe Think Pair Share; Hasil Belajar; Kewirausahaan |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5546 Office management L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 24 Jan 2017 03:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13374 |