PENGARUH MOTIVASI ORANG TUA DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA JURUSAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK NEGERI 1 BINJAI T.A 2012/2013

Munawwarah, Masyitoh (2013) PENGARUH MOTIVASI ORANG TUA DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA JURUSAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK NEGERI 1 BINJAI T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

Full text not available from this repository.

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah prestasi belajar siswa dan minat belajar kurangnya mengikuti pelajaran di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Motivasi Orang Tua Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Jurusan Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Binjai Tahun Ajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif menggunakan pendekatan korelasional yang bersifat ekspo facto. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Binjai T.A 2012/2013 dengan populasi seluruh kelas XII yang berjumlah 122 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah sebesar 50% dari setiap kelas diambil secara Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan untuk mengukur motivasi orang tua dan minat belajar siswa berupa angket dan untuk mengukur prestasi belajar siswa diperoleh dari DKN. Validitas dan reliabilitas instrument diuji dengan menggunakan korelasi produc moment besarnya pengaruh antara variabel bebas (X) dengan variabel terikat (Y), digunakan rumus korelasi ganda.Dari perhitungan variabel motivasi orang tua terhadap prestasi belajar siswa diperoleh Thitung = 4,39 sedangkan Ttabel = 2,004 ternyata Fh >Ft (4,39 > 2,004). Hipotesis pertama dapat diterima yaitu pengaruh yang positif dan signifikan antara Motivasi Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa, dan variabel minat belajar terhadap prestasi belajar siswa diperoleh Thitung = 2,75 sedangkan Ttabel = 2,004 pada taraf signifikan 95% dan α= 0,05, derajat kebebasan (dk) 1: 59 ternyata Fh >Ft (2,75 > 2,004). Dengan demikian Hipotesis kedua dapat diterima yaitu pengaruh yang positif dan signifikan antara Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Jurusan Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Binjai T.A 2012/2013. Dari perhitungan variabel motivasi orang tua dan minat belajar terhadap prestasi belajar siswa diperoleh Thitung = 36,457 sedangkan Ttabel = 2,004 ternyata Fh >Ft (36,457 > 2,004). Dengan demikian Hipotesis ketiga dapat diterima yaitu pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi orang tua dan minat belajar terhadap prestasi belajar siswa. Selanjutnya, dari perhitungan diperoleh koefisien determinasi (R2) sebesar 0,1339, yang berarti 13,39% prestasi belajar siswa (Y) dipengaruhi oleh motivasi orang tua (X1) dan minat belajar siswa (X2).Adanya motivasi atau rangsangan yang berupa bimbingan, perhatian dari orang tua dapat menumbuhkan minat belajar dan meningkatkan prestasi belajar anak. Sehingga anak akan selalu belajar seoptimal mungkin dalam memenuhi harapan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 651.307 1 Mun p
Keywords: Motivasi; Orang Tua; Minat Belajar; Prestasi
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
Last Modified: 07 Feb 2017 04:34
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13372

Actions (login required)

View Item
View Item