Siregar, Rini Suciva (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN KELAS XI SMK SWAKARYA BINJAI T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
081277110033 COVER.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
081277110033 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (289kB) | Preview
081277110033 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
081277110033 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (303kB) | Preview
081277110033 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
081277110033 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
081277110033 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
081277110033 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
081277110033 BAB I.pdf - Published Version
Download (446kB) | Preview
081277110033 BAB V.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
081277110033 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (429kB) | Preview
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Snowball Throwing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan kelas XI SMK Swakarya Binjai T.A 2012/2013. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI SMK Swakarya Binjai Tahun Ajaran 2012/2013. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI SMK Swakarya Binjai Tahun Ajaran 2012/2013 yang terdiri dari 2 kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas X AP 1 sebagai kelas eksperimen dan X AP 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling. Instrumen atau teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk multiple choice sebanyak 20 soal yang terlebih dahulu telah diuji validitas dan realibilitasnya dan dari hasil perhitungan tes hasil belajar adalah valid dan reliabel. Teknik analisis data yang dipergunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan menggunakan rumus “t”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar yang diajarkan dengan model pembelajaran Snowball Throwing lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajarakan dengan metode pembelajaran konvensional. Hasil uji statistik menunjukkan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Snowball Throwing adalah pretes sebesar 45,46 dan postes sebesar 75,46 sedangkan hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran konvensional adalah pretes sebesar 38,90 dan postes sebesar 64,06. Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh diperoleh thitung > ttabel yaitu 5,140 > 1,67033 pada taraf signifikansi 95% dan α = 0,05. Hal ini berarti bahwa Ha diterima dan Ho ditolak yang menyatakan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Snowball Throwing terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran kewirausahaan kelas XI SMK Swakarya Binjai T.A 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 651.307 1 Sir p |
Keywords: | Pembelajaran; Snowball ;Throwing; Konvensional; Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5546 Office management L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 04 Jan 2017 04:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13311 |