Purba, Can Murdiono (2012) PENGARUH MINAT BACA TERHADAPKEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM BIDANG STUDI EKONOMI KELAS XI IPSSMA N 17 MEDAN T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
708114079 COVER.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
708114079 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
708114079 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
708114079 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
708114079 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
708114079 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
708114079 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
708114079 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
708114079 BAB I.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
708114079 BAB V.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
708114079 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah minat baca memberikan pengaruhpositif dan signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam bidang studiEkonomi kelas XI IPS SMA Negeri 17 Medan T.A 2012/2013.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh minatbaca terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam bidang studi ekonomi kelas XI IPSSMA N 17 Medan T.A 2012/2013. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswakelas XI IPS 1 dan XI IPS 2 SMA Negeri 17 Medan yang berjumlah 80 orang, danpengambilan sampel dilakukan adalah sampel total, sehingga seluruh populasi dalampenelitian dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah denganmenggunakan angket. Uji validitas untuk analisis butir angket menggunakan rumuskorelasi Product Moment, Realibilitasnya dihitung dengan menggunakan rumusCronbach Alpha. Teknik analisis data yang digunakan adalah Regresi Linier Sederhanadan Uji-t.Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel minat baca (X) memiliki pengaruhyang positif terhadap variabel kemampuan berpikir kritis (Y), terihat dari hasil persamaanregresi linier sederhana, yaitu Y = 8,419 + 0,879X. Hal ini menunjukkan bahwa nilai Ydipengaruhi oleh variabel X. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan Ujiparsial (Uji-t), namun sebelumnya terlebih dahulu dicari korelasi (rhitung) variabel minatbaca (X) dengan variabel kemampuan berpikir kritis (Y) dan diperoleh hasil rhitung (0,649)> rtabel (0,217). Selanjutnya hasil Uji-t menunjukkan bahwa variabel minat baca memilkipengaruh yang signifikan terhadap variabel kemampuan berpikir kritis Y, hal ini terlihatdari hasil Uji parsial (Uji-t), yaitu thitung (7,533) > ttabel (1,992).Berdasarkan hasil penelitian ini, maka disarankan kepada sekolah dan lembagalainnya yang terkait dengan pendidikan, khususnya SMA N 17 Medan perlu untukmeningkatkan minat baca agar kemampuan kritis ssiswa semakin baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 330.071 Pur p |
Keywords: | Minat Baca; Kemampuan Berpikir Kritis; Pendidikan |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 03 Nov 2016 02:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13265 |