Darmayanti, Darmayanti (2013) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DENGAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING UNTUK MENINGKATKAN AKYIVITAS DAN HASIL BELAJAR EKONOMI PADA MATERI KETENEGAKERJAAN KELAS XI IPS3 SMA AL-HIDAYAH MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
708310025 COVER.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
708310025 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (309kB) | Preview
708310025 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
708310025 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
708310025 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
708310025 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
708310025 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
708310025 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
708310025 BAB I.pdf - Published Version
Download (482kB) | Preview
708310025 BAB V.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
708310025 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Rendahnya aktivitas dan hasil belajar ekonomi siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Al-Hidayah Medan dengan Penerapan Kolaborasi Model Pembelajaran Group Investigation dengan Student Facilitator And Explaining.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Al-Hidayah Medan yang berlokasi di Jl.Letda Sujono Gg.Perguruan No.4 Medan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS3 SMA dengan jumlah 40 orang, sedangkan objek penelitian ini adalah Penerapan Kolaborasi Model Pembelajaran Group Investigation dengan Student Facilitator And Explaining. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Tes yang digunakan adalah pilihan berganda diberikan secara individual yang dilaksanakan di setiap akhir siklus. Observasi aktivitas belajar siswa dilakukan secara langsung pada saat proses kegiatan belajar mengajar dan analisa data diambil dari hasil observasi aktivitas dan hasil belajar siswa kemudian mengambil kesimpulan dari data yang telah dianalisa.Hasil belajar pada siklus I diperoleh persentase ketuntasan secara klasikal adalah 21 (52,5%) dikategorikan rendah. Pada siklus II persentase ketuntasan secara klasikal sebesar 29 (72,5%) dikategorikan tinggi menunjukan terjadi peningkatan ketuntasan secara klasikal sebesar 20%. Hasil rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I sebanyak 14 orang (35%) siswa untuk tidak aktif, 9 orang (22,5%) siswa belum aktif, 8 orang (20%) siswa cukup aktif, 4 orang (10%) siswa aktif, 3 orang (7,5%) siswa sangat aktif. Sedangkan Siklus II mengalami peningkatan menjadi 3 orang (7,5%) siswa tidak aktif, 4 orang ( 10%) siswa belum aktif, 9 orang (22,5%) siswa cukup aktif, 18 orang (45%) siswa aktif, dan 6 orang (15%) siswa sangat aktif. Pada uji signifikansi untuk hasil belajar setiap siklus dengan nilai KKM dimana pada siklus I diperoleh thitung < ttabel yaitu 1,48 < 1,68 menyatakan bahwa tidak mengalami peningkatan yang signifikan. Kemudian dilanjutkan pada siklus II diperoleh thitung >ttabel yaitu 6,45 > 1,68 dengan taraf signifikan 0,95 dan α= 0,05 dengan dk= n-2. Uji signifikan pada aktivitas belajar siswa diperoleh thitung > ttabel yaitu 4,5 > 1,68. Hal ini menunjukkan bahwa pada siklus II telah diperoleh ketuntasan aktivitas dan hasil belajar ekonomi siswa yang ditunjukkan dengan peningkatan yang signifikan.Berdasarkan uraian diatas disimpulkan bahwa Penerapan Kolaborasi Model Pembelajaran Group Investigation dengan Student Facilitator And Explaining dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar ekonomi siswa di kelas XI IPS SMA Al-Hidayah Medan Tahun Ajaran 2012/2013
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 330.071 Dar p |
Keywords: | Pembelajaran; Group Investigation; Student Facilitator; Aktivitas Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB3711 Business cycles. Economic fluctuations L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 19 Dec 2016 03:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13255 |