Stephanie, Reany (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, AND SATISFACTION) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 1 KUALUH HULU T.A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
071277120018 Cover.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
071277120018 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
071277120018 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
071277120018 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
071277120018 Abstrak.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
071277120018 Bab I.pdf - Published Version
Download (324kB) | Preview
071277120018 Bab V.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
071277120018 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Rendahnya aktivitas dan hasil belajar ekonomi siswa. Tujuan dan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 1 Kualuh Hulu dengan penerapan model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, and Satisfaction).Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Kualuh Hulu yang berlokasi di JI. Besar Aekkanopan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X3 SMA dengan jumlah 40 orang, sedangkan objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, and Satisfaction). Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Tes yang digunakan adalah pilihan berganda diberikan secara individual yang dilaksanakan di setiap akhir siklus. Observasi aktivitas belajar siswa dilakukan secara langsung pada saat proses kegiatan belajar mengajar dan analisa data menggunakan reduksi data dan penyajian data kemudian mengambil kesimpulan dari data yang telah dianalisa.Hasil belajar pada sikius I diperoleh persentase ketuntasan secara klasikal adalah 55%. Pada siklus II persentase ketuntasan secara klasikal sebesar 85% menunjukan terjadi peningkatan ketuntasan secara kiasikal sebesar 30%. Hasil ratarata aktivitas belajar siswa pada siklus I sebanyak 4 orang (10%) siswa untuk kurang aktif, 22 orang (55%) siswa cukup aktif, 6 orang (15%) siswa aktif, 8 orang (20) siswa sangat aktif. Sedangkan Sildus II mengalami peningkatan menjadi 2 orang (5%) siswa cukup aktif, 23 orang ( 57,5%) siswa aktif, 15 siswa (37,5%) siswa sangat aktif, menunjukkan terjadi peningkatan aktivitas hasil belajar 60%.Untuk mengetahui hasil belajar setiap siklus dengan nilai KKM mengalami perbedaan yang signifikan atau tidak maka hasil belajar dihitung dengan menggunakan uji beda (uji t) sehingga pada siklus I diperoleh thitung < ttabel yaitu -0,52 < 1,68 menyatakan bahwa tidak mengalami peningkatan yang signifikan. Kemudian dilanjutkan pada siklus II diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,43 > 1,68 dengan taraf signifikan 0,95 dan α = 0,05 dengan dk = -2. Sedangkan pada aktivitas belajar siswa diperoleh perbedaan yang signifikan thitung > ttabel yaitu 8,9 > 1,68. Hal ini menunjukkan bahwa pada siklus II telah diperoleh ketuntasan aktivitas dan hasil belajar ekonomi siswa yang ditunjukkan dengan peningkatan yang signifikan.Berdasarkan uraian diatas disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, and Satisfaction) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar ekonomi siswa di kelas X SMA Negeri 1 Kualuh Hulu Tahun Ajaran 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 352.071 Ste p |
Keywords: | Model Pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, and Satisfaction); Aktivitas Belajar; Hasil Belajar Ekonomi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 26 Oct 2016 08:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13220 |