PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA SWASTA YAYASAN PENDIDIKAN PANCASILA TAHUN AJARAN 2011/2012

Susianti, Susianti (2012) PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA SWASTA YAYASAN PENDIDIKAN PANCASILA TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 081277110042 Cover.pdf]
Preview
Text
081277110042 Cover.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[thumbnail of 081277110042 Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
081277110042 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of 081277110042 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
081277110042 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (302kB) | Preview
[thumbnail of 081277110042 Abstrak.pdf]
Preview
Text
081277110042 Abstrak.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview
[thumbnail of 081277110042 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
081277110042 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (247kB) | Preview
[thumbnail of 081277110042 Bab I.pdf]
Preview
Text
081277110042 Bab I.pdf - Published Version

Download (529kB) | Preview
[thumbnail of 081277110042 Bab V.pdf]
Preview
Text
081277110042 Bab V.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[thumbnail of 081277110042 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
081277110042 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (320kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan aktivitas siswa dan hasil belajar dalam model pembelajaran kooperatif Think Talk Write dengan model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Swasta Yayasan Pendidikan Pancasila Tahun Ajaran 2011/2012.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan penggunaan dua model pembelajaran. Dengan populasi seluruh kelas X SMA Swasta Yayasan Pendidikan Pancasila Tahun Ajaran 2011/2012 yang terdiri dari dari 5 kelas yang berjumlah 199 orang. Sampel dalam penelitian ini dilakukan secara cluster random sampling atau sampel kelompok dimana kelas X-2 sebagai kelas Think Talk Write dan kelas X-3 sebagai kelas Teams Games Tournament.Instrumen yang digunakan lembar observasi aktivitas dan untuk mengukur hasil belajar ekonomi siswa yaitu tes dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal, dimana sebelumnya telah diujicobakan untuk mengetahui daya beda dan tingkat kesukarannya. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji F dan uji hipotesis menggunakan uji-t. Aktivitas siswa berperan dalam menunjang hasil belajar siswa, dimana pada kelas Think Talk Write persentase aktivitas belajar adalah sebesar 23,70% sedangkan pada kelas Teams Games Tournament persentase aktivitas belajar adalah 20,47%. dimana rata-rata hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Think Talk Write adalah sebesar 80,875 dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament sebesar 76,875. Ini berarti aktivitas belajar siswa memberi kontribusi yang baik untuk meningkatkan hasil belajar siswa adanya perbedaan hasil belajar pada kedua kelas tersebut juga terbukti melalui pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t dan taraf kepercayaan  = 0,05 dimana thitung  ttabel (2,051  1,99), yang berarti dalam penelitian ini H0 ditolak sekaligus Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan Perbedaan Model Pembelajaran Think Talk Write dengan Model Pembelajaran Teams Games Tournament untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMA Swasata Yayasan Pendidikan Pancasila Tahun Ajaran 2011/2012.Bagi kepala sekolah hendaknya mengarahkan guru-guru untuk menerapkan model pembelajaran Think Talk Write dan Teams Games Tournament, dan juga mengarahkan guru-guru untuk menerapkan model-model pembelajaran kooperatif yang lainnya pada mata pelajaran ekonomi agar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 352.071 Sus p
Keywords: Model Kooperatif Think Talk Write; Model Kooperatif Teams Games Tournament; Aktivitas dan Hasil Belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
Last Modified: 12 Jan 2017 02:44
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13218

Actions (login required)

View Item
View Item