Sartika, Sartika (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF JIGSAW UNTUKMENINGKATKANMOTIVASI DANHASIL BELAJARSISWAKELAS XI SMA SWASTA NUSANTARA LUBUKPAKAM TAHUNAJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
708310145 COver.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
708310145 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
708310145 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
708310145 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
708310145 Abstrak.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
708310145 Bab I.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
708310145 Bab V.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
708310145 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
Abstract
PermasalahandalampenelitianiniadalahrendahnyamotivasidanhasilbelajarsiswapadamatapelajaranEkonomikelas XI SMA Swasta Nusantara LubukpakamTahunAjaran 2011/2012.Penelitianinidilaksanakan di SMA Swasta Nusantara LubukpakamTahunAjaran 2011/2012 yang beralamat di Jl.Tengku Raja Muda No.1 Lubukpakam.Objekdalampenelitianiniadalahsiswakelas XI SMA yangterdiridari I Kelas 38 orang dansubjekpenelitianiniadalah model pembelajaran cooperative Jigsaw. Dalampengambilan data tehnikpenilaiantindakankelas yang digunakanadalahtehnikpenilaiantindakankelas yang dilakukandalambeberapasiklus, dimanasetiapsiklusterdiridari 4 (empat) tahapyakniperencanaan, pelaksanaan, observasi, danrefleksi.Tehnikanalisis data denganmenggunakanangketmotivasibelajar, pre tes, danpost test.Dari analisisdiperoleh data angketmotivasibelajarpadasiklus I sebesar58,7% danmengalamipeningkatanpadaSiklus II sebesar 23,56% yaitumenjadi82,26%.sebanyak 18 orang memilikimotivasitinggi, 18 orang memilikimotivasisedangdan 2 orang memilikimotivasirendah. Sedangkanpadasiklus II terdapatpeningkatan yang cukupsignifikanyaituhasilmotivasibelajarsiswasebesar 82,26% atausebanyak 5 orang memilikimotivasisangattinggi, 24 orang memilikimotivasitinggidan 9 orang memilikimotivasisedang. Dari hasilanalisisdiperoleh data test. Padasiklus I dilaksanakan pre testetapinilai yang diperolehsiswa yang tuntasbelajarberjumlah 15 orang (33,14%)Padasiklus II pertemuan ke-4 dilakukan posttes. Dari hasil post tesdiperolehbahwasiswayang tuntasbelajarberjumlah 33 orang (86,96%). Dari hasil pre tesdan post tesdapatdilihatbahwaterjadipeningkatansebesar 53,82% yaitu 33,14% menjadi 86,96%. Jumlahsiswa yang tuntasbelajarpadasaat pre tes 15 orang bertambahmenjadi 32 padapemberian post tes.Berdasarkananalisis data dapatdisimpulkanbahwapenerapan model pembelajaran cooperative Jigsaw untukmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarsiswapadapokokbahasanketenagakerjaankelas XI SMA Swasta Nusantara LubukpakamTahunAjaran 2011/2012 terbuktidapatmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarsiswa.Hal iniberartibahwa model pembelajaran cooperative jigsaw dapatdigunakansebagai alternative dalampembelajaranekonomi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 352.071 Sar p |
Keywords: | Model Pembelajaran Cooperative Jigsaw; Motivasi Belajar; Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 01 Nov 2016 03:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13206 |