PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF JIGSAW UNTUKMENINGKATKANMOTIVASI DANHASIL BELAJARSISWAKELAS XI SMA SWASTA NUSANTARA LUBUKPAKAM TAHUNAJARAN 2011/2012

Sartika, Sartika (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF JIGSAW UNTUKMENINGKATKANMOTIVASI DANHASIL BELAJARSISWAKELAS XI SMA SWASTA NUSANTARA LUBUKPAKAM TAHUNAJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 708310145 COver.pdf]
Preview
Text
708310145 COver.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[thumbnail of 708310145 Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
708310145 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview
[thumbnail of 708310145 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
708310145 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[thumbnail of 708310145 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
708310145 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview
[thumbnail of 708310145 Abstrak.pdf]
Preview
Text
708310145 Abstrak.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 708310145 Bab I.pdf]
Preview
Text
708310145 Bab I.pdf - Published Version

Download (273kB) | Preview
[thumbnail of 708310145 Bab V.pdf]
Preview
Text
708310145 Bab V.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[thumbnail of 708310145 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
708310145 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview

Abstract

PermasalahandalampenelitianiniadalahrendahnyamotivasidanhasilbelajarsiswapadamatapelajaranEkonomikelas XI SMA Swasta Nusantara LubukpakamTahunAjaran 2011/2012.Penelitianinidilaksanakan di SMA Swasta Nusantara LubukpakamTahunAjaran 2011/2012 yang beralamat di Jl.Tengku Raja Muda No.1 Lubukpakam.Objekdalampenelitianiniadalahsiswakelas XI SMA yangterdiridari I Kelas 38 orang dansubjekpenelitianiniadalah model pembelajaran cooperative Jigsaw. Dalampengambilan data tehnikpenilaiantindakankelas yang digunakanadalahtehnikpenilaiantindakankelas yang dilakukandalambeberapasiklus, dimanasetiapsiklusterdiridari 4 (empat) tahapyakniperencanaan, pelaksanaan, observasi, danrefleksi.Tehnikanalisis data denganmenggunakanangketmotivasibelajar, pre tes, danpost test.Dari analisisdiperoleh data angketmotivasibelajarpadasiklus I sebesar58,7% danmengalamipeningkatanpadaSiklus II sebesar 23,56% yaitumenjadi82,26%.sebanyak 18 orang memilikimotivasitinggi, 18 orang memilikimotivasisedangdan 2 orang memilikimotivasirendah. Sedangkanpadasiklus II terdapatpeningkatan yang cukupsignifikanyaituhasilmotivasibelajarsiswasebesar 82,26% atausebanyak 5 orang memilikimotivasisangattinggi, 24 orang memilikimotivasitinggidan 9 orang memilikimotivasisedang. Dari hasilanalisisdiperoleh data test. Padasiklus I dilaksanakan pre testetapinilai yang diperolehsiswa yang tuntasbelajarberjumlah 15 orang (33,14%)Padasiklus II pertemuan ke-4 dilakukan posttes. Dari hasil post tesdiperolehbahwasiswayang tuntasbelajarberjumlah 33 orang (86,96%). Dari hasil pre tesdan post tesdapatdilihatbahwaterjadipeningkatansebesar 53,82% yaitu 33,14% menjadi 86,96%. Jumlahsiswa yang tuntasbelajarpadasaat pre tes 15 orang bertambahmenjadi 32 padapemberian post tes.Berdasarkananalisis data dapatdisimpulkanbahwapenerapan model pembelajaran cooperative Jigsaw untukmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarsiswapadapokokbahasanketenagakerjaankelas XI SMA Swasta Nusantara LubukpakamTahunAjaran 2011/2012 terbuktidapatmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarsiswa.Hal iniberartibahwa model pembelajaran cooperative jigsaw dapatdigunakansebagai alternative dalampembelajaranekonomi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 352.071 Sar p
Keywords: Model Pembelajaran Cooperative Jigsaw; Motivasi Belajar; Hasil Belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
Last Modified: 01 Nov 2016 03:01
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13206

Actions (login required)

View Item
View Item