PENGARUH KONDISI SOSIAL DAN KONDISI EKONOMI ORANGTUA TERHADAP MOTIVASI MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI PADA SISWA KELAS XII IPS SMA NEGERI 17 MEDAN TAHUN AJARAN 2012/2013

Sitanggang, Rico Jayadi (2012) PENGARUH KONDISI SOSIAL DAN KONDISI EKONOMI ORANGTUA TERHADAP MOTIVASI MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI PADA SISWA KELAS XII IPS SMA NEGERI 17 MEDAN TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (317kB) | Preview
[thumbnail of KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (374kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (460kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana motivasi melanjutkan pendidikan keperguruan tinggi pada siswa kelas XII IPS SMA Negeri 17 Medan Tahun Ajaran 2012/2013 yang di pengaruhi oleh faktor kondisi sosial dan kondisi ekonomi orangtua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh kondisi sosial dan kondisi ekonomi orangtua siswa terhadap motivasi melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa kelas XII IPS SMA Negeri 17 Medan Tahun Ajaran 2012/2013. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPS SMA Negeri 17 Medan tahun Ajaran 2012/2013 yang terdiri dari 2 kelas yakni XII IPS 1 yang terdiri dari 40 orang siswa dan XII IPS 2 yang terdiri dari 40 orang siswa, sehingga total keseluruhan populasi adalah 80 orang siswa, dan yang menjadi sampel merupakan keseluruhan populasi tersebut yaitu 80 orang siswa. Metode Pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi ganda dengan bantuan program SPSS 18. Berdasarkan analisis deskriptif persentase menunjukkan bahwa kondisi sosial orang tua termasuk kategori baik, kondisi ekonomi orang tua termasuk kategori cukup, dan motivasi melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa termasuk kategori tinggi. Hasil analisis regresi diperoleh persamaan regresi Y = 33,752 + 0,390X1 + 0,201X2. Hasil dari pengujian secara partial dengan teknik analisis uji t diperoleh hasil bahwa variabel kondisi sosial orangtua berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi siswa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, dengan nilai thitung > ttabel (2,565 > 1,666) dan variabel kondisi ekonomi orangtua juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi siswa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dengan nilai thitung > ttabel (2,285 > 1,666). Untuk menguji koefisien secara keseluruhan digunakan uji Fhitung, yang memberikan hasil bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara kondisi sosial dan kondisi ekonomi orangtua secara bersama-sama terhadap motivasi siswa melanjutkan pendidikan keperguruan tinggi pada siswa kelas XII IPS SMA Negeri 17 Medan Tahun Ajaran 2012/2013 dengan nilai Fhitung > Ftabel (6,142 > 3,11). Besarnya pengaruh kondisi sosial dan kondisi ekonomi orangtua secara bersama-sama terhadap motivasi siswa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa kelas XII IPS SMA Negeri 17 Medan tahun ajaran 2012/2013 adalah sebesar 13,8%, hal ini terlihat dari nilai R2 sebesar, 0,138. Dengan demikian hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima yaitu ada pengaruh yang positif antara kondisi sosial dan kondisi ekonomi orangtua terhadap motivasi siswa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa kelas XII IPS SMA Negeri 17 Medan Tahun Ajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 352.071 Sit p
Keywords: Kondisi Sosial Orangtua; Kondisi Ekonomi Orangtua; Motivasi Siswa Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
Last Modified: 19 Jun 2019 03:06
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13205

Actions (login required)

View Item
View Item