PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBUAT POLA KEBAYA MODIFIKASI SISWA SMK NEGERI 10 MEDAN

Ermidawati (2015) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBUAT POLA KEBAYA MODIFIKASI SISWA SMK NEGERI 10 MEDAN. Jurnal Keluarga Sehat Sejahtera, 13 (25). ---. ISSN 1693-1157

[thumbnail of Full Text.pdf]
Preview
Text
Full Text.pdf - Published Version

Download (636kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Perbandingan hasil belajar Membuat Pola Kebaya Modifikasi siswa yang diajar dengan Strategi Pembelajaran Kontekstual dan hasil belajar Membuat Pola Kebaya Modifikasi siswa yang diajar dengan Strategi Pembelajaran Ekspositori; (2) perbedaan hasil belajar Membuat Pola Kebaya Modifikasi yang mempunyai Motivasi Berprestasi tinggi dengan siswa yang mempunyai Motivasi Berprestasi rendah; dan (3) interaksi antara Strategi Pembelajaran dengan Motivasi Berprestasi terhadap hasil belajar Membuat Pola Kebaya Modifikasi siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 10 Medan pada semester Ganjil tahun ajaran 2014/2015. Populasinya adalah seluruh siswa kelas XI sebanyak 104 orang, sampelnya adalah kelas XI Tata Busana-2 sebanyak 35 orang dan kelas XI Tata Busana-3 sebanyak 34 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengumpul data adalah tes hasil belajar dan angket Motivasi Berprestasi. Metode penelitian menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain penelitian faktorial 2 x 2. Teknik analisis data menggunakan ANAVA pada taraf signifikan  = 0,05. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa : (1) hasil belajar Membuat Pola Kebaya Modifikasi siswa yang diajar dengan Strategi Pembelajaran Kontekstual lebih tinggi daripada hasil belajar Membuat Pola Kebaya Modifikasi siswa yang diajar dengan Strategi Pembelajaran Ekspositori (Fhitung = 4,265 > Ftabel = 4,07), (2) terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar Membuat Pola Kebaya Modifikasi siswa yang mempunyai Motivasi Berprestasi tinggi dengan siswa yang mempunyai Motivasi Berprestasi rendah, (F hitung; = 94,33. > F tabel =4,07 ), dan 3) terdapat interaksi antara Strategi Pembelajaran dan Motivasi Berprestasi terhadap hasil belajar Membuat Pola Kebaya Modifikasi siswa (Fhitung = 4.741 > Ftabel =4,07)

Item Type: Article
Keywords: Strategi pembelajaran; Hasil belajar; Motivasi berprestasi
Subjects: T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Mr Brian Nicolas Rajagukguk
Date Deposited: 08 Apr 2016 09:02
Last Modified: 08 Apr 2016 09:02
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1320

Actions (login required)

View Item
View Item