Ermidawati (2015) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBUAT POLA KEBAYA MODIFIKASI SISWA SMK NEGERI 10 MEDAN. Jurnal Keluarga Sehat Sejahtera, 13 (25). ---. ISSN 1693-1157
Full Text.pdf - Published Version
Download (636kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Perbandingan hasil belajar Membuat Pola Kebaya Modifikasi siswa yang diajar dengan Strategi Pembelajaran Kontekstual dan hasil belajar Membuat Pola Kebaya Modifikasi siswa yang diajar dengan Strategi Pembelajaran Ekspositori; (2) perbedaan hasil belajar Membuat Pola Kebaya Modifikasi yang mempunyai Motivasi Berprestasi tinggi dengan siswa yang mempunyai Motivasi Berprestasi rendah; dan (3) interaksi antara Strategi Pembelajaran dengan Motivasi Berprestasi terhadap hasil belajar Membuat Pola Kebaya Modifikasi siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 10 Medan pada semester Ganjil tahun ajaran 2014/2015. Populasinya adalah seluruh siswa kelas XI sebanyak 104 orang, sampelnya adalah kelas XI Tata Busana-2 sebanyak 35 orang dan kelas XI Tata Busana-3 sebanyak 34 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengumpul data adalah tes hasil belajar dan angket Motivasi Berprestasi. Metode penelitian menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain penelitian faktorial 2 x 2. Teknik analisis data menggunakan ANAVA pada taraf signifikan  = 0,05. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa : (1) hasil belajar Membuat Pola Kebaya Modifikasi siswa yang diajar dengan Strategi Pembelajaran Kontekstual lebih tinggi daripada hasil belajar Membuat Pola Kebaya Modifikasi siswa yang diajar dengan Strategi Pembelajaran Ekspositori (Fhitung = 4,265 > Ftabel = 4,07), (2) terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar Membuat Pola Kebaya Modifikasi siswa yang mempunyai Motivasi Berprestasi tinggi dengan siswa yang mempunyai Motivasi Berprestasi rendah, (F hitung; = 94,33. > F tabel =4,07 ), dan 3) terdapat interaksi antara Strategi Pembelajaran dan Motivasi Berprestasi terhadap hasil belajar Membuat Pola Kebaya Modifikasi siswa (Fhitung = 4.741 > Ftabel =4,07)
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Strategi pembelajaran; Hasil belajar; Motivasi berprestasi |
Subjects: | T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 09:02 |
Last Modified: | 08 Apr 2016 09:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1320 |