HUBUNGAN PENGGUNAAN SUMBER BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN TATANIAGA ANGKATAN 2010 FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

Ramawati M., Juwita (2012) HUBUNGAN PENGGUNAAN SUMBER BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN TATANIAGA ANGKATAN 2010 FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini membahas apakah ada hubungan penggunaan sumber belajar dan motivasi belajar dengan prestasi belajar mahasiswa pendidikan tataniaga angkatan 2010 di Universitas Negeri Medan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan penggunaan sumber belajar dan motivasi belajar dengan prestasi belajar mahasiswa pendidikan tataniaga angkatan 2010 di Unimed. Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ekonomi Unimed dengan populasi sebanyak 121 Orang dan sampel sebanyak 66 responden. Tehnik pengambilan sampel adalah proporsional sampling dan instrumen yang di gunakan untuk mangukur hubungan penggunaan sumber belajar dan motivasi belajar dengan prestasi belajar berupa angket yang berjumlah 40 soal. Vadilitas tes diuji dengan menggunakan teknik Korelasi Product Moment dengan hasil dari 40 instrumen semuanya dinyatakan valid. Reabilitas tes diuji dengan menggunakan rumus Alpha Crobach dengan hasil rhitung > rtabel (0,866 > 0,344) untuk hubungan menggunakan sumber belajar dan rhitung > rtabel (0,872>0,344) untuk motivasi belajar. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji t pada taraf signifikansi 95% dengan alpha 5%. Hasil yang diperoleh menunjukkan terhadap hubungan penggunaan sumber belajar berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa yaitu 4,754 > 2,000 dan motivasi belajar juga berpengaruh signifikan terhadap prestasi mahasiswa yaitu 2,574 > 2,000. Hasil yang diperoleh pada uji F menunjukkan bahwa variabel pengguanaan sumber belajar dan motivasi belajar berpengaruh terhadap prestasi mahsiswa dengan signifikansi 95% dan alpha 5% yaitu Fhitung > Ftabel (49,832 > 3,14). Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan secara simultan antara penggunaan sumber belajar dan motivasi belajar mahasiswa. Hasil dari penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Tata Niaga Angkatan 2010 menggunakan sumber belajar yang tersedia dengan cukup baik dan memiliki motivasi belajar yang cukup baik serta prestasi belajar mahasiswa yang memuaskan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 352.071 Ram h
Keywords: Penggunaan Sumber Belajar; Motivasi Belaja; Prestasi Belajar
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
Last Modified: 07 Feb 2017 04:36
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13196

Actions (login required)

View Item
View Item